Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Mengolah Emping Jagung dengan Nilai Jual Tinggi

Bisnis | 2023-02-27 21:52:08
Pembuatan emping jagung oleh mahasiswa KKN Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dan warga Dukuh Jelok (Foto: Istimewa)

Dukuh Jelok, Pacarejo, Semanu, Gunungkidul, memiliki warga yang mayoritas bekerja di sektor pertanian. Hasil panen mereka beragam mulai dari jagung, kacang-kacangan, hingga beras. Berlatarkan hal tersebut, mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang tergabung dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Periode 101 Unit XXVIII.C.I tertarik untuk mengadakan pelatihan pengolahan hasil panen menjadi emping jagung. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Rabu, 22-2-2023.

Bertempat di balai dukuh setempat, kegiatan diikuti oleh 21 orang yang merupakan delegasi dari tiap RT di wilayah Dukuh Jelok. Tema yang diusung dalam acara tersebut adalah “Pengolahan Hasil Panen Menjadi Produk yang Memiliki Nilai Jual Tinggi”. Larasati selaku koordinator acara mengungkapkan bahwa pelatihan tersebut ditujukan sebagai sarana edukasi kepada masyarakat, khususnya para ibu rumah tangga, dalam memanfaatkan hasil panen agar diolah menjadi produk yang bernilai jual tinggi.

“Dengan adanya pelatihan ini, harapannya jagung atau hasil panen lainnya tidak dijual begitu saja. Namun, bisa diolah terlebih dahulu sehingga memiliki nilai jual yang lebih,” terang Laras.

Rangkaian agenda pelatihan dimulai dengan sosialisasi cara pemilihan bahan baku yang baik untuk pembuatan emping jagung. Jagung yang berkualitas, yaitu yang utuh dan berukuran besar, menjadi hal mutlak dalam proses pembuatan emping ini. Sebab, biji jagung yang kecil akan menghasilkan emping yang terkesan seperti remahan. Kemudian dilanjutkan dengan sesi praktik pembuatan emping jagung oleh ibu-ibu. Mereka terlihat antusias mengikuti jalannya pelatihan hingga selesai.

Di akhir acara, tim KKN UAD juga menambahkan materi sosialisasi terkait kemasan. Secara umum, kemasan memiliki 4 fungsi utama, yaitu menambah nilai jual produk, membuat produk memiliki ciri khas, menjaga kualitas makanan, dan menampilkan informasi tentang produk. Melalui kegiatan tersebut, diharapkan warga mendapatkan wawasan baru untuk mengolah hasil panen mereka menjadi sesuatu yang lebih bernilai. (tsa)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image

Ikuti Berita Republika Lainnya