Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ade Setiawan

Kepala DPKP Optimistis Pandeglang Jadi Sentra Budidaya Porang

Eduaksi | Thursday, 23 Feb 2023, 18:34 WIB
Bupati Pandeglang didamping Kepala DPKP Pandeglang dan sejumlah kepala OPD meninjau pabrik sentra pengolahan komoditas porang di Desa Mekarsari Kecamatan Panimbang

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Pandeglang Dr. Nasir, SP., MBA., MP optimistis Kabupaten Pandeglang bakal menjadi salah satu sentra budidaya tanaman porang di Provinsi Banten.

Hal itu disampaikan Kepala DPKP Pandeglang usai mendampingi Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita, SE., MM melakukan kunjungan peninjauan pabrik sentra pengolahan komoditas porang di Desa Mekarsari Kecamatan Panimbang Kabupaten Pandeglang, Selasa (21/02/2023)

Menurut Dr. nasir tanaman porang sangat potensial untuk dikembangkan baik dalam bentuk mentah yang belum diolah ataupun sebagai bentuk produk yang sudah diolah.

“Potensi porang ini dapat dilihat dari banyaknya minat terhadap olahan porang di beberapa tahun terakhir,”

Ia mengungkapkan, tanaman porang saat ini banyak diekspor ke luar negeri seperti negara Jepang, Korea dan Negara China.

“Saat ini ekspor umbi porang terutama dalam bentuk setengah jadi seperti beras porang sedang gencar dilakukan, sehingga peluang untuk membudidayakan porang juga semakin terbuka besar,” ungkapnya.

Ia mengatakan, saat ini Kabupaten Pandeglang telah memiliki Pabrik Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) pengolahan komoditas porang di Desa Mekarsari Kecamatan Panimbang.

“Semoga menjadi solusi untuk peningkatan nilai tambah bagi petani Porang di Kabupaten Pandeglang,” katanya

Sementara itu Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita, SE., MM dalam kesempatan peninjauan tersebut menyatakan komitmennya untuk menjadikan Kabupaten Pandeglang sebagai sentra budi daya porang.

“Kami sudah melakukan peninjauan pabrik pengolahan porang ini, mulai dari pelaksanaan pembangunan hingga bagaimana proses pengolahannya, kata Irna.

Menurutnya, permintaan pasar terhadap porang ini sangat tinggi, karena bisa dimanfaatkan untuk menjadi salah satu produk unggulan,

“Tentu saja permintaan pasar yang cukup tinggi ini harus kita budidayakan guna meningkatkan perekonomian para petani,“ ucap Irna.

Ia menegaskan hadirnya pabrik pengolahan porang, memberikan harapan besar kepada para petani dalam meningkatkan ekonomi, apalagi kata Irna pengolahan porang ini terbentuk dari hulu hingga ke hilir.

“Dengan hadirnya pabrik pengolahan porang ini, para petani porang yang ada di Kabupaten Pandeglang tidak lagi harus menyuplai porang dari daerah lain, kini kita sudah mempunyai pabrik pengolahan sendiri,“ tutur Irna. (Tim Bidang TP)***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image