Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Slamet Samsoerizal

Kehadiran 5 Robot Canggih Ini Dapat Membantu Aktivitas Kita. Siapa Sajakah Mereka?

Teknologi | Tuesday, 21 Feb 2023, 10:46 WIB
Robot canggih Ini dapat membantu aktivitas kita. (sumber: Pixabay/Computerizer)

Bagian 2

Artikel Bagian 1, memaparkan ihwal peran dan tugas 6 robot yang membantu aktivitas manusia dalam keseharian. Berikut masih ada sejumlah Robit yang tak kalah serunya, alih-alih pada robot-robot sebelumnya.

7. Robot Dolphin Nautilus

Walau sering digunakan sebagai penghisap debu di dalam rumah, Robot Dolphin Nautilus dikenal sebagai alat pembersih yang canggih. Ia ternyata berkemampuan sebagai robot yang dapat digunakan untuk membersihkan kolam renang yang berada di rumah.

Dengan adanya robot ini, Anda tidak layaknya mandor yang hanya tinggal duduk manis di tepi kolam sementara robot Dolphin Nautilus yang menguras kolam renang hingga bersih.

8. Robot Budgee

Anda yang memiliki sejumlah aktivitas dengan mobilitas yang tinggi, tidak keliru memanfaatkan Robot Budgee. Tugas apa saja yang mampu diembannya?

Robot Budgee mampu mendampingi Anda saat ke supermarket. Anda tentu akan mengalami Kesulitan ketika keluar dengan keranjang troli yang sarat dengan barang-barang belanjaan. Nah, Robot Budgee siap melaksanakan semua tugas tersebut.

Robot Budgee pun dengan setia akan menemanu kemana si Tuannya pergi dan dapat pula digunakan saat Anda beraktivitas di bandara.

Bagaimana perkembangan teknologi perobotan ini secara masif menggantikan peran-peran manusia dalam bekerja?

Keberadaan robot alih-alih diprediksi para ilmuwan, pelan tetapi pasti terbukti. Robot kini menjadi bagian dalam hal urusan perawatan rumah, seni eksplorasi ruang angkasa, pertanian, dan bidang medis.

Kita masih ingat saat Pandemi Covid-19. Rumah sakit di Wuhan, Cina, menggunakan robot humanoid dengan banyak peran. Di antaranya adalah mengantarkan obat dan makanan; mengukur suhu pasien dan mendesinfeksinya; serta menghibur staf medis dan pasien.

Melansir interestingengineering.com kehadiran ragam robit yang diprediksi akan menguasai dunia kerja di masa depan. Berikut daftarnya.

1. Robot Digit Pengantar Paket

Robot Digit Pengantar Paket diproduksi oleh Agility Robotics. Digit adalah robot yang cekatan dan nirkepala. Ukurannya setara dengan bayi. Robot ini dilengkapi dengan sensor yang mampu melintasi berbagai rintangan, bergerak melintasi berbagai medan, dan menavigasi tangga.

Selain itu, Digit dapat mengubah cara mobil swasopir atau self driving saat melakukan pengiriman. Robot ini dapat membawa dan menumpuk kotak dengan berat 18 kg.

2. Robonauts Vyomitra

Robot Robonauts Vyomitra digunakan untuk mempelajari planet yang berpotensi layak huni bagi manusia. Robot produk India ini merupakan contoh robot wanita yang dijadwalkan untuk melakukan eksperimen gaya berat mikro untuk membantu mempersiapkan misi berawak di masa depan.

3. Robot Surena IV

Ilmuwan dari Universitas Teheran terus berinovasi dengan produk robot yang diberi nama Surena. Sebagaimana diketahui, Surena II dan Surena III pada 2015 menunjukkan peningkatan dalam berjalan dan ekspansi besar dalam kemampuan.

Perkembangan pada Surena IV awal tahun 2023 ini memastikan robot yang menunjukkan kemampuan untuk menulis namanya di papan tulis, memegang botol air, bahkan meniru pose seseorang.

Ukuran robot Surena IV berukuran dewasa dan gesit. Ia mampu mendeteksi wajah dan objek, serta pengenalan suara dan generasi. Ia bahkan bisa berjalan dengan kecepatan 0,7 kilometer per jam. *** (Habis)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image