Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Khalifatunnisa Jawas

Cyber Bullying : Yakin Kamu Tidak Pernah Melakukan Itu?

Eduaksi | Saturday, 18 Dec 2021, 10:18 WIB
 Apa Itu Cyberbullying? Ini Dampak, Jenis, dan Cara Mengatasinya - Semua Halaman - Kids" />
source : Apa Itu Cyberbullying? Ini Dampak, Jenis, dan Cara Mengatasinya - Semua Halaman - Kids

Halo temen - temen semua! kalian yakin gak sih kalau kalian itu gak pernah melakukan cyber bullying?

Seperti yang kita semua ketahui, Indonesia itu menjadi salah satu Negara dengan netizen ter- tidak sopan se Asia Tenggara loh. kira - kira mengapa sih indonesia di cap seperti itu?

Dilansir dari cnnindonesia.com, Microsoft mengumumkan tingkat kesopanan pengguna internet sepanjang 2020. Dalam laporan berjudul 'Digital Civility Index (DCI)', Indonesia berada di urutan ke-29 dari 32 negara yang disurvei untuk tingkat kesopanan, sekaligus menjadi yang terendah di Asia Tenggara. Laporan itu berdasarkan survei yang diikuti oleh 16.000 responden di 32 negara. Sistem penilaian laporan tersebut berkisar dari skala nol hingga 100. makin tinggi skor maka makin rendah kesopanan daring di negara tersebut.

Skor kesopanan daring di Indonesia sendiri naik delapan poin, dari 67 pada tahun 2019 menjadi 76 pada tahun 2020.

Baca artikel CNN Indonesia "Riset: Netizen di Indonesia Paling Tak Sopan se-Asia Tenggara" selengkapnya di sini

---

dilansir dari kumparan.com

semakin pesatnya perkembangan teknologi komunikasi sekarang, semakin mudah juga kita berkomunikasi. Apalagi saat pandemi seperti ini, banyak kegiatan yang harus dilakukan secara online. Seperti belajar, bekerja, bahkan sekolah pun dilakukan secara online. Dari sini kita tahu bahwa majunya teknologi saat ini banyak membawakan dampak positif bagi kita. Namun tidak sedikit juga dampak negatif yang terjadi akibat perkembangan teknologi sekarang ini. Salah satunya yang paling sering kita temui yaitu cyberbullying.

Maka dari itu, marak sekali terjadinya bullying di Indonesia. Sebelum masuk ke pembahasan tentang bullying yang terjadi di Indonesia, kalian tau gak sih bullying itu apa?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, Penindasan, perundungan, perisakan, atau pengintimidasian (bahasa Inggris: bullying) adalah penggunaan kekerasan, ancaman, atau paksaan untuk menyalahgunakan atau mengintimidasi orang lain. Perilaku ini dapat menjadi suatu kebiasaan dan melibatkan ketidakseimbangan kekuasaan sosial atau fisik.

Hal ini bisa berupa pelecehan secara lisan atau ancaman, kekerasan fisik atau paksaan dan dapat diarahkan kepada korban tertentu, mungkin karena perbedaan ras, agama, atau hal lainnya.

Nah sekarang kita beralih ke ‘hal’ yang membuat Netizen Indonesia dijadikan sebagai Netizen ter – tidak sopan se Asia Tenggara. Apa sih itu? Ya, betul! Cyber Bullying.

Banyak dari kita tidak sadar kalau kita sudah melakukan cyber bullying ini. Karena segala hal yang kita lakukan atau yang kita post di media sosial yang menyinggung orang lain itu biasanya kita anggap sebagai hal sepele dan merupakan bercandaan belaka.

Namun, apakah kita tau bagaimana perasaan seseorang yang kita singgung dalam postingan tersebut? Apakah dia sakit hati? We never know guys. So, banyak hal yang harus kita ketahui tentang kasus ini. Apa saja sih hal itu? Check it out!

---

Cyberbullying sendiri secara luas didefinisikan sebagai penindasan yang dilakukan melalui sarana elektronik seperti ponsel/ponsel atau internet. segala hal yang ditujukan untuk menjelek - jelekkan orang lain itu sudah termasuk cyber bullying guys!

terkadang kita sebagai pengguna media sosial terkadang menggunakan media sosial itu secara semena - mena. dengan tidak sadar melakukan hal - hal yang sebenarnya sudah melampaui batas sopan santun dan etika bersosial media.

jadi, kalian tau gak sih guys ciri - ciri kalau kalian sudah melewati batas dalam bersosial media atau sudah mulai melakukan cyber bullying? simak penjelasan di bawah ini yuk!

Dilansir dari postpangandaran.com , ada beberapa ciri - ciri dari cyberbullying. Apa aja sih?

1. Menyebarkan foto jelek tentang orang lain.

Nah, hal ini lumrah sekali kan terjadi di antara kita? Yap betul. Ini termasuk dari cyberbullying. Memang sangat menyenangkan bukan? Disaat teman kita sedang berulang tahun, kita memasang foto – foto mereka dengan wajah yang tidak siap mungkin. It’s okay kalau orang itu tidak keberatan, tetapi kamu yakin kalau dia tidak keberatan?

2. Menebar kebencian terhadap seseorang secara online.

Hayolo, siapa nih yang sering nyinyir di akun instagram gosip? Secara tidak sadar kamu sedang melakukan cyberbullying loh. Apalagi kalau ada artis yang sedang kontroversi, kalian pasti ikut nyinyir kan? Walaupun memang hal itu sangat wajar terjadi, tetapi itu salah satu faktor yang membuat Indonesia menjadi netizen paling tidak sopan loh!

3. Menjadikan foto seseorang sebagai meme.

Wah! Hal ini nih paling sering terjadi di sekitar kita kan? Ada foto teman yang lucu sedikit, langsung dijadikan sebagai meme, stiker WhatsApp. Lagi – lagi, ini termasuk salah satu dari cyberbullying lagi. Kasihan loh teman – teman kalian yang fotonya dijadikan meme. Itu bisa menimbulkan rasa insecure mereka.

4. Melakukan hinaan fisik.

Yang terakhir ini nih, bodyshamming. Dengan kalian berkomentar di postingan orang lain seperti “kayaknya kamu lebih cantik kalau lebih kurus sedikit deh.” Atau “kamu harusnya perawatan dong! Wajah kamu jerawatan tuh, ga malu?” Eits! Hati – hati bestie! Itu juga termasuk cyberbullying loh!

selanjutnya, ada beberapa dampak dari cyberbullying ini nih guys! apa aja sih?

Menurut Navarro, Yubero & Larranaga (2016), dampak dari cyberbullying yaitu:

1) Fisik: remaja mengalami sakit kepala, sakit perut, gangguan tidur, kelelahan, sakit punggung, kehilangan nafsu makan dan masalah pencernaan.

2) Psikologis dan Emosional: remaja merasakan takut, perasaan teror, kecemasan, penderitaan, kesedihan, stres dan gejala depresi.

3) Sekolah terkait: remaja kurang termotivasi untuk ke sekolah dan penurunannya tingkat konsentrasi atau nilai akademik.

4) Psikososial: remaja memiliki perasaan isolasi dan kesendirian, pengucilan dan bahkan penolakan sosial.

Dampak negatif dari perilaku bullying dapat memengaruhi segala aspek kehidupan (psikologis, fisik maupun sosial) yang akan terus memengaruhi perkembangan selanjutnya.

dari dslalawfirm.com/cyberbullying/

selain dampak di atas, ada beberapa dampak yang signifikan terjadi akibat cyberbullying.

1. Menarik Diri Dari Lingkungan Sosial

Kondisi psikologis korban cenderung mengalami kecemasan dan ketakutan. Mereka tidak ragu menarik diri dari lingkungan sosial.

2. Perasaan Dikucilkan Lingkungan

memang benar cyberbullying itu terjadi di jejaring sosial, namun hal tersebut juga menjadi faktor dia akan merasa terkucilkan di real life. apalagi setelah menerima banyak komentar buruk terhadap dirinya.

---

nah guys! kalian sudah tau kan tentang cyberbullying ini? kasus ini sangat berpengaruh pada kondisi psikologis seseorang. bayangkan, jika kalian mendapatkan komentar buruk, gangguan - gangguan, dan hal - hal semacam itu. iiihhhh... memikirkannya saja sudah mengerikan.

Saya sangat berharap kasus seperti ini berkurang di indonesia, terlebih zaman sekarang kita adalah zaman digital. jika isi dari jejaring sosial ini adalah hal buruk semua, di mana kita akan mendapatkan hal baik dari jejaring sosial ini?

bantu aku untuk mengurangi hal ini terjadi ya guys! jangan sampai kalian termasuk netizen yang tidak sopan itu. mari kita lindungi kesehatan mental orang - orang dengan mencegah terjadinya cyberbullying.

mungkin cukup untuk pembahasan tentang cyberbullying kali ini. see you next time pada pembahasan yang lain guys!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image