Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Humas Universitas Aisyiyah Surakarta

Universitas Aisyiyah Surakarta Terjun Langsung Bantu Korban Banjir Solo

Eduaksi | Tuesday, 21 Feb 2023, 10:36 WIB
Pendataan warga oleh Tim Aksi Ners Peduli diabntu oleh petugas Puskesmas Kratonan [Foto: Dokumentasi Aksi Ners Peduli Universitas 'Aisyiyah Surakarta]

Surakarta - Sebanyak 35 mahasiswa Program Studi Profesi Ners Universitas 'Aisyiyah Surakarta diterjunkan untuk membantu korban banjir di Solo, tepatnya di Kelurahan Joyotakan yang tergabung dalam kegiatan Aksi Ners Peduli. Hal ini dilakukan sebagai wujud realisasi dari keunggulan Program Studi S1 Keperawatan dan Profesi Ners Universitas 'Aisyiyah Surakarta yaitu unggul dalam bidang kebencanaan.

Gotong royong membersihkan rumah warga yang terdampak banjir [Foto: Dokumentasi Aksi Ners Peduli Universitas 'Aisyiyah Surakarta]

Universitas ‘Aisyiyah Surakarta bekerja sama dengan Puskesmas Kratonan, Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Surakarta, Lazismu Universitas ‘Aisyiyah Surakarta, Lazismu Daerah Kota Surakarta, dan Pemerintah Desa Joyotakan. Kegiatan meliputi evakuasi warga, pengecekan kesehatan, pendistribusian bantuan, pemberian trauma healing pada korban korban banjir. Kegiatan ini dilakukan dari hari Jum’at (17/2), hingga Senin (20/2).

Aksi Peduli Ners bersama petugas dari Puskesmas Kratonan melakukan pengecekan kesehatan terhadap masyarakat yang terdampak banjir. [Foto: Dokumentasi Aksi Ners Peduli Universitas 'Aisyiyah Surakarta]

Saat dimintai keterangan, Koordinator Aksi Ners Peduli, Melita Putri Royani, menuturkan, “Tujuan dari Aksi Ners Peduli adalah untuk membantu warga baik secara fisik, mental, maupun spiritual. Kebetulan wilayah Joyotakan adalah tempat binaan kami selama menjalani praktik ners komunitas.” Aksi Ners Peduli tersebut merupakan kegiatan gotong royong yang dilaksanakan ketika terjadi musibah atau bencana. Kegiatan yang dilakukan antara lain penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan warga melalui poslansia, posyandu ,dan pendekatan keluarga.”

Aksi Ners Peduli juga melakukan kegiatan membersihkan fasilitas umum pasca bencana seperti membersihkan bangunan sekolah, gereja, masjid, serta balai pertemuan. Melita berharap agar Aksi Ners Peduli ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan arti kemanusiaan dan kepedulian terhadap sesama. (_alf/)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image