Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Slamet Samsoerizal

Arkeolog di China Temukan Toilet Siram Toilet Siram Berumur 2.200 Tahun. Bagaimana Analisis Arkeolog

Sejarah | Monday, 20 Feb 2023, 12:36 WIB
Arkeolog di China Temukan Toilet Siram Toilet Siram Berumur 2.200 Tahun (foto: businessinsider.com)

Para arkeolog di China menemukan toilet siram yang kemungkinan merupakan salah satu yang tertua yang pernah ditemukan, kantor berita China Global Times melaporkan awal pekan ini.

Saat menggali dua bangunan besar di reruntuhan istana di kota Yueyang, para peneliti dari Institut Arkeologi di Akademi Ilmu Sosial China terkejut saat menemukan toilet.

Toilet tersebut diperkirakan berumur antara 2.200 dan 2.400 tahun, antara Periode Perang hingga awal Dinasti Han.

Melansir dari laman : https://www.businessinsider.com/, penemuan ini menarik karena penemuan toilet siram modern diperkirakan berasal dari zaman Victoria Inggris.

Mangkuk toilet, bagian lain yang rusak, dan pipa yang mengarah ke lubang terbuka ditemukan musim panas lalu.

Benda mewah itu kemungkinan hanya akan digunakan oleh petinggi istana yang ditemukan di provinsi Shaanxi China, Liu Rui, anggota tim penggalian, mengatakan kepada China Daily.

Dia menambahkan bahwa para pelayan harus menuangkan air ke dalam mangkuk toilet setiap kali digunakan.

"Ini adalah toilet siram pertama dan satu-satunya yang pernah ditemukan di China. Semua orang di lokasi itu terkejut, dan kemudian kami semua tertawa," kata Liu kepada surat kabar itu.

Menganalisis tanah di sekitarnya juga dapat mengisyaratkan pola makan dan kebiasaan makan orang-orang kuno.

Penggalian arkeologi yang lebih besar di istana menambah "nilai besar untuk mempelajari tata letak ibu kota" dari dinasti kuno. ***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image