Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image SHINTA MUTHIA

Manfaatkan Sinar Matahari untuk Konsumsi Listrik di Rumah mu, Beberapa Hal ini Harus Banget di Perha

Eduaksi | Saturday, 18 Feb 2023, 23:40 WIB

Foto oleh Pixabay dari Pexels: https://www.pexels.com/id-id/foto/panel-surya-356049/

Sepertinya sayang sekali jika kita menerima sinar matahari sepanjang tahun tapi hanya digunakan untuk menjemur kain. Padahal kalau di pikir-pikir panas dari matahari ini adalah sumber energi masa depan. Dan kamu tau gak sih kalau panas matahari ini bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik di rumah mu? listrik ini nantinya bisa dimanfaatkan untuk alat-alat elektronik seperti layaknya kamu menerima listrik dari PLN nih Sob. Tapi sebelum kamu memutuskan untuk memasang PLTS Atap dirumah mu, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui. Yuk simak ulasan berikut

Yang pertama nih, kamu harus tau berapa jumlah pemakaian kamu dalam sebulan, ini harus banget dihitung ya sebagai perencanaan awal kamu untuk mengetahui seberapa besar nilai investasi yang akan kamu keluarkan nanti nya. Yang kedua, kamu dapat menghitung kapasitas PLTS dalam rangka memaksimalkan saving kamu. Ini juga bisa kamu hitung dengan mengetahui konsumsi listrik perbulan, dan juga Global Horizontal Irradiance (GHI) yang kamu terima setiap harinya. Namun ada beberapa faktor lainnya yang dapat kamu tanyakan ke petugas nanti ya Sob!

Selain itu, yang bisa kamu lakukan ialah menghitung luas atap yang kamu miliki. Ini penting Sob, buat menentukan model dan posisi panel surya nya nanti apakah harus vertical atau horizontal. Setelah kamu menghitung jumlah pemakaian kamu dan mengetahui seberapa banyak modul yang kamu butuhkan, kamu dapat memilih jenis modul dan dapat disesuaikan dengan budget kamu ya Sob.

Mudah banget bukan? Gimana nih, semakin tertarik ga untuk memasang PLTS Atap dirumah kamu. Yuk segera manfaatkan energi baru yang ada dan sayangi bumi kita!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image