Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Indonesiapos

Workshop Penyusunan Proposal PKM bagi Mahasiswa di LLDIKTI Wilayah VII Angkatan II Tahun 2023

Eduaksi | Saturday, 18 Feb 2023, 07:12 WIB

PKM adalah program yang mewadahi mahasiswa di seluruh Indonesia untuk mengembangkan ide/gagasan yang dimilikinya. Selain itu, PKM juga menjadi bagian dari bentuk implementasi Tridharma Perguruan Tinggi di bawah pengelolaan Belmawa.

Untuk mendukung hal tersebut, LLDIKTI Wilayah VII menginisiasi Workshop Penyusunan Proposal PKM Bagi Mahasiswa di Lingkungan LLDIKTI Wilayah VII Angkatan II tahun 2023. Acara ini diselenggarakan pada 16 Februari 2023 di Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum.

Workshop ini, dihadiri oleh 50 peserta dari berbagai perguruan tinggi di lingkungan LLDIKTI wilayah VII. Selain itu, juga dihadiri Prof. Dr. Dyah Sawitri, S.E., M.M. (Kepala LLDIKTI Wilayah VII), Ir. Henik Sukorini, M.P., Ph. D. (Narasumber 1), (Dr. Sopingi, S.Sos, M.Pd. (Narasumber 1), dan Prof. Dr. Ir. Denny Widhiyanuariyawan, S.T, MT. (Narasumber 3)

Rangkaian acara mulai dari registrasi peserta, pembukaan, sosialisasi panduan umum penyusunan PKM tahun 2023, penyusunan proposal PKM-RE, PKM-AI, PKM-VGK, penyusunan proposal PKM-RSH, PKM-PM, PKM-K, penyusunan proposal PKM-PI, PKM-KC, PKM-KI, PKM-GFT, Ishoma, Klinik Proposal, dan penutup.

Yang menarik dalam kegiatan ini adalah ketika sesi klinik proposal. Klinik proposal menjadi sesi yang paling ditunggu peserta. Hal ini karena menjadi salah satu waktu di mana mahasiswa dapat berkonsultasi langsung kepada narasumber terkait penyusunan proposal penelitian.

Kegiatan positif ini bermanfaat bagi mahasiswa agar mampu menarasikan ide atau gagasan yang luar biasa melalui proposal PKM. Selain itu, setiap perwakilan mahasiwa diharapkan membagi ilmu yang didapatkan kepada mahasiswa lain di kampus masing-masing.

“Workshop penyusunan proposal PKM ini sangat menarik dan bermanfaat karena penjelasan terkait PKM sampai ke akar-akarnya. Selain itu, mahasiwa diberi kesempatan langsung untuk berkonsultasi dengan ahlinya di sesi klinik proposal” ungkap Vieto, Peserta Workshop perwakilan STKIP Al Hikmah Surabaya.

Mahasiswa sebagai sosok intelektual perlu memiliki wadah yang tepat untuk mengembangkan inovasi dan kreativitas. Itulah sebabnya, momentum PKM penting untuk disosialisasikan kepada para mahasiswa.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image