Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Supadilah

Lima Tips Berkemah Di Musim Penghujan

Eduaksi | Sunday, 12 Feb 2023, 05:30 WIB
Ilustrasi kemah (sumber: Canva Pendidikan)

Teman-teman pasti suka berkemah kan? Ya, karena kemah ini banyak manfaatnya. Salah satunya adalah membantu kita mengembangkan keterampilan. Tapi, gimana ya kalau sekarang ini musim hujan? Tenang. Berikut ini lima tips nih untuk berkemah saat musim hujan.

1. Dirikan Tenda di Area Datar

Ya, usahakan dirikan tenda di area datar. Jadi kalau hujan, air tidak akan tergenang di tendamu. Tenda teman-teman akan tetap kering sehingga tas dan peralatan kemah pun tetap kering juga.

2. Gunakan Tenda Double Layer

Namanya hujan sering merembes. Kalau teman-teman sering berkemah pasti tau ini. Ya kan? Nah, supaya nggak merembes ke dalam tenda, baiknya teman-teman gunakan tenda double layer sehingga bagian dalam tenda tidak terkena rembesan air hujan. Oke?

3. Amankan Pakaian Agar Tetap Kering

Ini penting karena pakaian akan digunakan pada kegiatan-kegiatan kemah. Teman-teman bisa mengamankan pakaian dengan memasukkannya di tas atau plastik sehingga tetap kering.

4. Gunakan Matras

Ya, gunakan matras sebagai alas tenda kita supaya alasnya tetap kering. Tidurmu pun tetap aman. Juga pakaian yang di dalam tenda tetap terjaga.

5. Buatlah Parit di Sekitar Tenda

Ini tujuannya supaya air tidak mengalir menuju tenda teman-teman. Apalagi kadang hujannya lebat sehingga aliran air hujan cukup deras. Dengan membuat parit, teman-teman bisa mengarahkan aliran hujan menjauhi tenda teman-teman. Wah, sudah kayak avatar aja ya jadi pengendali air. Hehe

Berkemah juga mengajarkan tentang kehidupan di alam. Kita bisa belajar tentang lingkungan pada saat berkemah. Jadi banyak manfaatnya ya berkemah. Nah, jangan sampai hujan menghalangi kegiatan hebat ini. Yuk tetap berkemah meskipun saat ini musim hujan. Caranya dengan menerapkan 5 tips di atas ya teman-teman.

Sebagai info, Satuan Komunitas Pramuka Sekolah Islam Terpadu (Sako Pramuka SIT) akan mengadakan Kemah Ukhuwah Nasional (Kemnas) V pada 14-18 Februari 2023 di Cibubur, Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur. Kemnas sebagai ajang lima tahunan Pramuka SIT ini merupakan agenda kepramukaan tingkat nasional.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image