Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Lisa Aprilia

Akrabkan Siswa dengan Literasi, Kepala MTsN 4 Bantul: Ajak Siswa ke Perpustakaan

Sekolah | Thursday, 09 Feb 2023, 13:56 WIB


Bantul (MTsN 4 Bantul) – MTsN 4 Bantul mendapatkan gelar sekolah aktif literasi pada tahun 2021 silam. Sampai saat ini, upaya dalam mempertahankan keaktifan literasi terus dilakukan seperti menjadwalkan siswa membaca buku pada jam khusus, menjadwalkan kunjungan wajib perpustakaan di tiap guru mata pelajaran, dan mewajibkan setiap guru menggunakan sarana perpustakaan pada rancangan pembelajaran mereka.

“Anak tidak boleh buta literasi. Mereka harus akrab dengan perpustakaan biar mereka memahami bahwa perpustakaan adalah tempat yang asyik. Membaca buku di perpustakaan jauh lebih menyenangkan dibandingkan bermain HP,” ungkap Siti Solichah sebagai Kepala MTsN 4 Bantul.

Siti Solichah meminta guru-guru MTsN 4 Bantul paling tidak satu kali dalam satu semester agar menggunakan perpustakaan. Dari pelajaran Bahasa, seni, dan Sains wajib mengajak siswa ke perpustakaan.

Pada hari Rabu (9/2), Lisa Aprilia, S.Sn. mengajak siswa ke perpustakaan dengan agenda menggambar kaligrafi ayat bertemakan Menjaga Lingkungan dan Tidak Merusaknya. Selain itu, di hari yang sama, Farida selaku guru Bahasa Arab juga mengajak siswa mengunjungi perpustakaan dengan agenda belajar dari kamus Bahasa Arab.

“Karena program pemaksimalan perpustakaan itu, perpustakaan kami yakni Bahrul ‘Ilmi sungguh menjadi samudera ilmu seperti namanya. Selain kami berupaya memperbaiki fasilitas seperti lampu, AC, atau tatanan interior perpustakaan, kami juga harus membuat papan jadwal guru kelas karena perpustakaan menjadi ramai serta statistik pengunjung meningkat,” ujar Wuryantini, sebagai Kepala Perpustakaan MTsN 4 Bantul. (liz)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image