Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Kkn Ledug 2023

Wawancara dan Pendataan UMKM Tanaman Hias Desa Ledug

Info Terkini | Wednesday, 08 Feb 2023, 10:51 WIB
wawancara dengan pelaku UMKM

Mahasiswa Kelompok 12 KKN-P Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) dalam bidang UMKM melakukan wawancara kepada pelaku usaha tanaman hias Desa Ledug terutama lingkungan Ledok yang sudah merintis usaha tanaman hias selama kurang lebih 30 tahun. Wawancara tersebut dilakukan untuk memperoleh informasi terkait perintisan bisnis tanaman hias di Desa Ledug, prospek cerah di bidang tanaman hias, hingga cara pemasaran yang selama ini dijalankan.

Bapak Imam Soleh, salah satu pelaku usaha tanaman hias mengatakan bahwa permasalahan yang kini sedang dihadapi adalah generasi muda yang tidak memiliki minat untuk terjun di bidang tanaman hias sehingga kurang adanya perkembangan yang signifikan terkait cara pemasaran.

“Hasil dari wawancara yang dilakukan akan kita gunakan sebagai bahan untuk melakukan sosialisasi terkait cara menarik minat generasi muda di bidang tanaman hias karena berdasarkan hasil wawancara, permasalahan sumber daya manusia yang sedang terjadi adalah anak muda tidak memiliki minat di bidang tersebut,” tutur Nanda selaku koordinator bidang UMKM (28/01/2023).

Setelah melakukan wawancara dan pengolahan data, 02 Februari 2023 mahasiswa KKN-P UMSIDA Desa Ledug mengajak pemuda karang taruna untuk mendiskusikan hasil wawancara tersebut di salah satu rumah pemuda karang taruna, yakni Mas Adil. Kegiatan diskusi ini juga dilakukan guna mempererat silaturahmi antar pemuda karang taruna desa Ledug dan mahasiswa KKN-P Umsida 2023.

Mahasiswa kelompok 12 KKN-P UMSIDA mendiskusikan keberlanjutan program kerja yang akan dilaksanakan di Desa Ledug dalam bidang UMKM, yakni sosialisasi dan pendampingan branding UMKM tanaman hias dengan harapan image Desa Ledug sebagai kampung kembang terus berjalan dan bertahan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image