Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Wardatul Hasanah

Menjadi Santri 4.0: Peluang dan Tantangan Santri di Era Digital

Khazanah | Wednesday, 08 Feb 2023, 07:49 WIB

Kini, sebagian besar aktivitas manusia berada dalam ruang maya. Infromasi apa pun ada di sana, dari yang biasa saja hingga yang paling berbahaya, dari yang hanya sekadar berbagi informasi hingga penggiringan opini.

Santri dan pondok pesantren yang selama ini identik dengan kaum sarungan dan tertutup dengan dunia luar—khususnya merujuk pada yang disebut tradisional—harus mengambil posisi layaknya agen perubahan di masa kolonial yang siap bertempur habis-habisan melawan komprador penjajah. Bedanya, “pertempuran” hari ini terjadi di jagad maya, di dunia online, melalui berbagai media dan platform yang beraneka macam.

Buku ini mencoba mengupas bagaimana santri dan pondok pesantren perlu memahami literasi digital dan memanfaatkannya untuk menyebarkan kebaikan dan melawan keburukan di tengah ruang yang begitu luas nyaris tak bertepi.

Data Buku

Judul : Menjadi Santri 4.0: Peluang dan Tantangan Santri di Era Digital

Penulis : Hermansyah Kahir

Penerbit : Gaza Library Publishing

Ukuran : 14 x 20 cm

Tebal : 200 halaman

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image