Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dian Ariyani Surya

Sebuah Pertemuan

Sastra | Thursday, 02 Feb 2023, 21:54 WIB

Dalam perjalanan hidup, pasti seseorang akan dipertemukan dengan orang-orang baru. Pertemuan itu dimulai saat memasuki dunia sekolah, kuliah, kerja dll.

Sumber : Dokumen Pribadi

Dari setiap pertemuan-pertemuan ini, akan ada orang lain yang tetap tinggal di hidup kita sebagai teman, sahabat, atau bahkan bisa menjadi jodoh yang kita tunggu. Pertemuan ini biasanya terbentuk dari pertemuan yang manis, misalnya acara organisasi, dari sebuah program, dll.

Tanggal 19 Januari 2023 lalu Universitas Muhammadiyah Jakarta menggelar pelepasan dengan tema "Indahnya Keragaman Budaya dalam Kebhinekaan", Pelepasan peserta PMM 2 itu dilakukan di gedung aula Pascasarjana lt 3 FTAN UMJ. Pelepasan di hadiri oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta dan dilepas secara simbolis oleh Dr. Ma'mun Murod, M.Si. Pelepasan itu dihadiri juga oleh wakil rektor 1 UMJ yaitu Dr. Muhammad Hadi, S.K.M., M.Kep., Penanggung jawab pertukaran mahasiswa merdeka atau yang biasa disebut dengan PIC (Person In Charge), Prof. Dr. Herwina Bahar., MA., Para dekan dari UMJ, Kaprodi dari masing-masing jurusan di UMJ, para Dosen Pendamping Lapangan, dan para mentor PMM 2 UMJ.

Diakhir acara teman-teman Pertukaran mahasiswa merdeka meneteskan air mata karena mereka sudah melewati Kebahagian, tangis, canda, tawa, dan kesedihan selama 4,5 bulan lebih menjadi cerita yang tidak akan pernah dilupakan oleh mereka masing-masing dengan para teman-teman kelompoknya. Mereka datang ke Universitas Muhammadiyah Jakarta dari berbagai pulau, dari bahasa yang berbeda, suku yang berbeda, dipecah dan dibagi kedalam 12 kelompok.

Selama 4,5 bulan mereka belajar ada yang lintas jurusan dan mereka menjelajahi kota Jakarta, mengenal budaya Jakarta tidak hanya mengenal saja mereka juga memperkenalkan budaya mereka masing-masing. Tanggal 23 Januari dan 24 Januari mereka pulang ke kediamannya masing-masing dengan tangis yang haru biru yang mereka rasakan dengan teman-teman satu kelompoknya.

Di dalam program ini banyak sekali orang yang akan kita temui sayangnya, tidak semua orang bisa untuk terus-menerus menemui kita. Waktu tidak akan mau menunggu kita untuk berdiri kembali. Angkat pundak, langkahkan kaki kita lagi ke depan. Masa depan masih cerah, kebahagiaan baru ada di depan mata, halaman baru sedang menunggu kita untuk menuliskan hal-hal baru di kampung kita masing-masing.

Seperti Senja yang mengajarkan kita arti menerima sebuah perpisahan dengan jaminan pertemuan yang hangat pada esok hari nanti. Selamat kembali ke kampung halaman kalian masing-masing teman-teman PMM 2 UMJ, semoga kesuksesan bisa kalian rengkuh disana sampai jumpa kembali dengan restu dari Semesta, Aamiin❤️

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image