Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Subhan Riyadi

Tingkatkan Ekonomi Umat, Wahdah Inspirasi Zakat Beri Bantuan Modal Usaha Bagi Pelaku UMKM

Agama | Thursday, 02 Feb 2023, 16:02 WIB

MAKASSAR – Wahdah Inspirasi Zakat menginisiasi program pemberdayaan ekonomi guna membantu masyarakat mengembangkan usahanya.

Khusus hal itu, Fharid selaku fasilitator program menjelaskan, penerima manfaat akan mendapatkan suntikan modal usaha berdasarkan hasil penjajakan yang dilakukan beberapa hari sebelum penyaluran program.

Kali ini, bantuan ditujukan kepada Sumiarni, seorang ibu rumah tangga yang berprofesi sebagai penjual usaha campuran, yang berlokasi di Jln H. Kalla II No 26 Kel Panaikang Kec Panakukang Makassar.

Fharid mengatakan bahwa bantuan ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian penerima manfaat agar bisa menumbuhkan usahanya selama ini.

“Untuk meningkatkan semangat usaha penerima manfaat, kita berikan suntikan modal usaha,” katanya Rabu, (1/2/2023).

Sumiarni bekerja membantu suaminya demi menafkahi keluarganya. Selama ini, kadang modal yang digunakan habis untuk memenuhi kebutuhan pokok keluarga.

“Modal sedikit ini harus diputar. Kalau tidak ada lauk terpaksa kita ambil untuk tutupi,” ungkapnya.

Diketahui, beberapa hari sebelumnya Wahdah Inspirasi Zakat juga telah menyalurkan bantuan serupa kepada Ibu Hafzah, salah seorang Ibu Rumah Tangga yang muallaf asal kupang.

“Dulu saya tak yakin kalau saya Islam dan masih tinggal di sana, saya masih bisa pertahankan iman saya. Makanya saya pindah ke Makassar. Disini saya berharap agar hidup jadi lebih baik," ujarnya.

Di Makassar, Hafzah menafkahi anaknya dengan menjadi buruh cuci panggilan. Ia mengaku, sering kesulitan ekonomi. Dari hasil pekerjaannya itulah, ia kemudian memberanikan diri membangun usaha jualan makanan dan lauk pauk.

Karena terkendala modal, Wahdah Inspirasi Zakat melalui program pemberdayaan ekonomi memberikan bantuan pemodalan tunai dan juga satu unit etalase jualan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image