Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Wisuda Titik Awal Penerapan Ilmu dan Teknologi kepada Masyarakat

Edukasi | Tuesday, 31 Jan 2023, 09:53 WIB
Rektor Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Dr. Muchlas, M.T. pada Wisuda Periode Januari 2023 (Foto: Humas dan Protokol UAD)

Rektor Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Dr. Muchlas, M.T. mengungkapkan bahwa wisuda merupakan titik awal pengabdian seseorang kepada masyarakat melalui penerapan ilmu dan teknologi yang diperoleh selama masa perkuliahan. Hal ini ia sampaikan pada Sidang Senat Terbuka dengan Agenda Wisuda Sarjana Terapan, Sarjana, dan Magister pada Sabtu, 28 Januari 2023 di Graha Pradipta Jogja Expo Center.

“Wisuda bukan merupakan akhir dari perjuangan hidup, justru merupakan titik awal pengabdian saudara kepada masyarakat melalui penerapan ilmu dan teknologi yang diperoleh dari UAD,” kata Rektor. Ia menambahkan, dinamika masyarakat yang terus berkembang perlu dihadapi dengan kemampuan adaptasi yang baik, dengan menambah berbagai keterampilan yang dibutuhkan oleh dunia usaha dan dunia industri pada saat ini.

“Pengalaman menyelesaikan kuliah yang saudara alami kemarin, yang kebetulan didera oleh situasi pandemi, telah memberikan pelajaran berharga. Bahwa sesulit apa pun keadaannya, kita harus terus berusaha dan berjuang untuk meraih keberhasilan dan kini terbukti walaupun banyak kendala dihadapi.”

Pada periode ini, UAD mewisuda sebanyak 1.452 lulusan program diploma, sarjana, dan magister. Dari jumlah tersebut, 817 di antaranya lulus dengan predikat cum laude atau dengan pujian. Dalam kesempatan yang sama, tak lupa Muchlas menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati yang telah berhasil meraih gelar akademis di UAD.

Di hadapan para wisudawan, Rektor berpesan untuk dapat menjadi contoh teladan bagi lingkungan tempat mereka nanti akan berkiprah. Ia memiliki keyakinan yang kuat bahwa di dalam diri para wisudawan telah tersemat jiwa kepemimpinan sekaligus nilai-nilai keislaman yang kuat.

“Untuk itu kami berharap saudara nanti mampu berperan secara signifikan menjadi bagian dari kepemimpinan, tidak hanya lokal dan nasional, tetapi juga kepemimpinan global.”

Muchlas juga berharap, para wisudawan dapat terus menjunjung tinggi nama baik almamater UAD. Itu dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk kerja seperti kerja produktif, inovatif, profesional, dan dedikatif di lingkungan pengabdian masing-masing, yang semuanya menunjukkan nilai-nilai keunggulan UAD dan lulusannya.

Prosesi wisuda oleh Rektor UAD dilakukan secara khidmat dengan didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik Rusydi Umar, S.T., M.T., Ph.D. Hadir juga Kepala LLDikti Wilayah V, Prof drh. Aris Junaidi, Ph.D., serta Majelis Dikti PP Muhammadiyah Prof. Dr. H.M. Noor Rochman Hadjam, S.U., Psikolog. (eka)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image