Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Najmuddin Saifullah

Dua Cara Sedekah Murah

Agama | Tuesday, 31 Jan 2023, 08:54 WIB

Sedekah memiliki banyak sekali keutamaan. Ganjaran bagi orang yang bersedekah adalah dilipatgandakan apa yang sudah ia sedekahkan. Sebagaimana yang tertulis dalam surat al-baqarah ayat 261:

مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِيْ كُلِّ سُنْۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَاۤءُ ۗوَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ ٢٦١

Perumpamaan orang-orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah adalah seperti (orang-orang yang menabur) sebutir biji (benih) yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan (pahala) bagi siapa yang Dia kehendaki. Allah Mahaluas lagi Maha Mengetahui.

Sedekah tidaklah berat untuk dilaksanakan karena bisa dimulai dari hal terkecil dan murah. setidaknya ada dua cara untuk bersedekah dengan mudah dan murah:

Sedekah dengan harta terkecil yang dimiliki

Supaya sedekah bisa menjadi kebiasaan, maka harus dirutinkan dengan nominal yang kecil. Dalam hadis riwayat al-Bukhari disebutkan anjuran sedekah dengan sebutir kurma:

ما تصدَّقَ أحدٌ بصدَقَةٍ منْ طيِّبٍ ، ولا يقبَلُ اللهُ إلَّا الطيبَ ، إلَّا أخذَها الرحمنُ بيمينِهِ ، وإِنْ كانتْ تَمْرَةً ، فتربُو في كفِّ الرَّحمنِ حتى تَكونَ أعظمَ مِنَ الجبلِ ، كما يُرَبِّي أحدُكم فَلُوَّهُ أوْ فَصيلَهُ

Tidaklah seorang pun bersedekah dengan harta halal, Allah tidak menerima kecuali yang baik, melainkan Allah akan menerima dengan tangan kanan-Nya. Meskipun sedekahnya hanya sebutir kurma. Kurma tersebut akan menjadi besar di tangan Allah yang Maha Pengasih sampai lebih besar dari gunung. Sebagaimana kamu memelihara anak kambing dan unta (semakin lama makin membesar).

Sebutir kurma yang disebutkan dalam hadis diatas adalah sebuah isyarat tentang kemudahan sedekah. Boleh sedekah dengan harta senilai satu butir kurma, kalau di Indonesia mungkin sabutir kurma seharga 500 rupiah. Ini sangat mudah untuk dilakukan, karena bagi kita uang 500 pada masa sekarang sangat mudah didapatkan dan dibelanjakan. Media untuk sedekah pun tidak harus pergi ke masjid untuk dimasukkan ke kotak amal, tapi sudah bisa dilakukan melalui QRIS menggunakan hp. Kita tinggal scan saja QR code amil zakat seperti Lazismu, Rumah zakat, Lazisnu, Dompet shuafa, dan amil zakat lain yang sudah dilengkapi dengan fasilitas QR code. Dibayarkan menggunakan dompet digital atau e-banking masing-masing dengan nominal yang bisa ditulis sesuai keinginan. InsyaAllah nominal sekecil apapun akan menjadi besar jika didasari dengan rasa ikhlas sebagaimana anak kambing yang dirawat dan menjadi besar.

Berbuat amal baik kepada orang lain

Sedekah pada dasarnya memberikan harta yang kita miliki. Namun ada beberapa amal kebaikan yang dinilai sedekah tanpa harus mengeluarkan harta. Sebagaimana hadis riwayat at-Tirmizi berikut ini:

عن أبي ذر الغفاري -رضي الله عنه- أنّ النّبي -صلى الله عليه وسلم- قال: (تبسُّمُكَ في وجْهِ أخيكَ لَكَ صدقةٌ وأمرُكَ بالمعروفِ ونَهيُكَ عنِ المنْكرِ صدقةٌ وإرشادُكَ الرَّجلَ في أرضِ الضَّلالِ لَكَ صدقةٌ وبصرُكَ للرَّجلِ الرَّديءِ البصرِ لَكَ صدقةٌ وإماطتُكَ الحجرَ والشَّوْكَ والعظمَ عنِ الطَّريقِ لَكَ صدقةٌ وإفراغُكَ من دلوِكَ في دلوِ أخيكَ لَكَ صدقةٌ)

Dari Abi zar al-Ghifari R.A sesungguhnya nabi SAW bersabda: “senyummu kepada saudaramu adalah sedekah, seruanmu untuk melakukan kebaikan serta larangan berbuat munkar adalah sedekah, petunjukmu terhadap orang yang tersesat di suatu tempat adalah sedekah, penglihatanmu bagi orang yang lemah penglihatannya adalah sedekah untukmu, kamu membuang batu, duri dan tulang dari jalan adalah sedekah untukmu, dan mengosongkan embermu ke dalam ember saudaramu adalah sedekah untukmu.

Hadis di atas memberitahu bahwa bantuan apapun yang kita berikan kepada orang lain adalah sedekah. Maka jika belum punya harta untuk bersedekah, bisa membantu orang lain yang mengalami kesusahan karena itu juga dihitung sedekah oleh Allah SWT. Sedekah yang dilakukan akan menjadi benteng dari panasnya api neraka di akhirat kelak. Sebagaimana hadis:

اتَّقُوا النَّار ولو بِشِقِّ تمرة

Berlindunglah kalian dari api neraka meskipun hanya dengan (bersedekah) separuh kurma

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image