Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Andrian Eksa

Dua Tim Riset MTsN 9 Bantul Sabet Medali Perunggu di Ajang Internasional

Info Terkini | Thursday, 16 Dec 2021, 10:47 WIB

Indonesian Young Scientist Association (IYSA) adalah lembaga yang memfasilitasi pelajar Indonesia untuk mengembangkan potensi di bidang keilmuan dalam negeri maupun luar negeri. Pada penghujung tahun 2021 ini, IYSA menggelar kompetisi bidang riset yang bertajuk Indonesia International Applied Science Project Olympiad (I2ASPO). Pembukaan I2ASPO digelar pada Sabtu, 11 Desember 2021 pukul 19.00 melalui live youtube dan zoom meeting. Setelah agenda pembukaan, ajang I2ASPO dilanjutkan dengan agenda presentasi peserta lomba pada Minggu, 12 Desember 2021 melalui zoom serta disiarkan lewat streaming youtube mulai pukul 13.00. Setelah presentasi, peserta tidak langsung mengetahui hasilnya, karena pengumuman pemenang sekaligus penutupan I2ASPO dilaksanakan pada Selasa 14 Desember 2021 melalui online zoom meeting dan streaming youtube serta offline dari BG Junction Surabaya Jawa Timur.

Dalam ajang ini MTsN 9 Bantul mengirimkan 5 tim riset terbaiknya yang diisi siswa siswi pilihan dari kelas 7, 8, dan 9. Hasilnya 2 medali perunggu berhasil dipersembahkan oleh tim riset MTsN 9 Bantul dari ajang I2ASPO. Medali perunggu pertama dipersembahkan oleh tim Eco Friendly Biofoam yang terdiri dari Syafina Dwi Khalid kelas 9A, Fanya Erda Frisita kelas 9B, dan Cantika Oktalianiz kelas 7E.

“Pagi kemarin saya baca pengumuman yang dikirim Pak Mu’ad Irmawan di group riset MTsN 9 Bantul. Sempat deg-degan waktu proses download pengumumannya. Pas selesai download dan baca hasilnya langsung senang. Alhamdulillah berkat kerja sama tim dan bimbingan guru tim Eco Friendly Biofoam bisa menutup akhir tahun 2021 ini dengan hadiah manis untuk MTsN 9 Bantul,” ungkap Syafina Dwi Khalid kelas 9A.

Sementara itu, medali perunggu kedua dipersembahkan oleh tim Potential Waste of Mint Leaves and Lime Leaves as Additives for Toothpaste yang terdiri dari Aufaa Nur Azza Rais kelas 9A, Ahmad Fei Yang kelas 8B, Awanda Sakila Maharani kelas 9C, dan Fawwaz Dzaki Haris Syahputra kelas 7E.

“Ini pertama kalinya saya ikut lomba riset. Kemarin sempat kurang percaya diri karena saya satu kelompok dengan kakak kelas yang udah pernah ikut lomba riset seperti ini. Tapi alhamdulillah semua kakak kelas di tim saya baik semua dan mau membimbing dengan sabar. Perasaannya senang karena pertama kali ikut lomba riset dan bisa mempersembahkan medali perunggu untuk MTsN 9 Bantul,” ungkap Fawwaz Dzaki Haris Syahputra 7E.

“Alhamdulillah pagi tadi dapat kabar menggembirakan dari Pak Mu’ad selaku koordinator ekstrakurikuler riset bahwa tim riset MTsN 9 Bantul berhasil membawa pulang 2 medali perunggu. Semoga dengan tambahan 2 medali perunggu ini menjadi penyemangat tersendiri untuk tim riset untuk bisa mengukir prestasi di ajang lain ke depannya," ungkap Nur Hasanah Rahwamati, S.Ag., M.M., kepala MTsN 9 Bantul. (dns)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image