Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Prasetyo Apanca

Psikologi Komunikasi

Eduaksi | Saturday, 28 Jan 2023, 19:53 WIB

Psikologi komunikasi adalah ilmu yang mempelajari usaha untuk memprediksi, menguraikan, dan mengendalikan peristiwa mental dan behavioral dalam komunikasi. Batasan dalam komunikasi sangat luas, yaitu mencakup penyampaian energi, gelombang suara, tanda di antara tempat, sistem, dan organisme.

Psikologi komunikasi secara umum dapat diartikan sebagai adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang karakter, sikap lawan bicara tanpa mengabaikan aspek kejiwaannya. Psikologi komunikasi dapat pula diartikan sebagai interaksi komunikasi.Peranan psikologi komunikasi dalam hubungan antar manusia adalah untuk dapat menjalin komunikasi yang koheren. Artinya, dapat menjalin komunikasi yang efektif dengan berpangkal pada sumber masalahnya dan usaha untuk mengatasi masalah tersebut, menanggapi masalah dengan fokus dan tanggapan yang sesuai.

Ada beberapa manfaat dari mempelajari psikologi komunikasi. Salah satunya membantu memahami lawan bicara, seperti bagaimana sifat dan tingkah lakunya ketika berkomunikasi. Pada praktiknya, psikologi komunikasi punya dua tujuan utama, yakni mengubah tingkah laku manusia serta mencapai efektivitas komunikasi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image