Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image SMP Al-Hikmah Boarding School Batu

Fadilah Membaca Surat Al-Kahfi di Hari Jum'at

Agama | Friday, 27 Jan 2023, 06:02 WIB

Seperti yang kita ketahui bahwa hari Jum’at adalah tergolong hari yang istimewa dalam agama islam. Masih ingatkah sahabat apa alasannya ?

Dalam hadist riwayat Ahmad dan Ibnu Majah dikatakan bahwa pada hari Jum’at:

 

  1. Allah menciptakan Adam As.
  2. Allah menurunkan Adam ke dunia pada hari Jum’at
  3. Alloh mewafatkan Adam pada hari Jum’at pula.
  4. Alloh akan mengabulakan Doa-doa hambanya pada hari Jum’at.
  5. Alloh akan mendatangkan hari kiamat pada hari Jum’at.

Dengan adanya hal tersebut maka hari Jum’at sangatlah mulia dan istimewa bagi umat Islam. Sehingga sangat dianjurkan untuk melakukan amalan amalah pada hari tersebut. Amalan apakah yang dapat kita lakukan ? yaitu salah satunay membaca surat Al kahfi.

Surah Al-kahfi atau dalam Bahasa arab yaitu al kahfi yang berarti “gua” .Surat Al Kahfi atau juga disebut dengan Ashabul Kahf merupakan surat golongan Makkiyah atau yang mana surat tersebut diturunkan di Kota Mekkah. Dalam surah Al-kahfi mempunyai banyak keutamaan-keutamaan yang sangat agung bila di bandingkan dengan beberapa surah yang lain. Akan tetapi, tidak semua orang yang mengetahui tentang keutamaan dari surah Al-kahfi ini. Sehingga sebagian dari mereka jarang mengamalkannya atau bahkan tidah pernah membacanya apalagi menghafalnya. Surat al kahfi merupakan surat ke ke-18 dalam Al-Qur’an , dan Surat ini terdiri atas 110 ayat. Dalam surat ini ayat 1 sampai 75 terletak pada juz 15, sementara ayat 76 sampai ayat 110 terdapat pada juz 16.

Adapun waktu terbaik mengamalkan surah Al-kahfi , menurut Dr. Muhammad Bakar Isma’il dalam Al-fiqh al Wadhih min al Kitabwa al Sunnah mengutarakan, bahwa diantara amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan pada malam dan hari jum’at adalah membaca surah Al-kahfi. (Al-fiqhul Wadhih minal kitab was Sunnah). Kesempatan membaca surat Al-Kahfi adalah sejak terbenamnya matahari pada hari Kamis sore sampai terbenamnya matahari pada hari Jum’at.

Siswa SMP Al-Hikmah Boarding School Batu membaca surat Al-kahfi

Oleh karena itu, di SMP Al-Hikmah Boarding School Batu membaca surat Al-kahfi di malam atau hari jum'at merupakan agenda wajib yang harus di ikuti oleh seluruh siswa dan guru. Karena sangat banyak kutamaan dan manfaat dari membaca surat Al-Kahfi.

Keutamaan atau manfaat dari membaca surah Al-Kahfi diantaranya yaitu:

Terhindar dari fitnah dajjal : Seperti yang kita ketahui salah satu keutamaan dari membaca surah al-kahfi seperti dalam riwayat dari Rasulullah Shallallahu’ Alaihi wa Sallam adalah akan di selamatkan dari fitnah dajal. “Barang siapa yang berada di zaman dajal hendaknya mambaca ayat-ayat pertama di surat al-Kahfi.” (HR Muslim).

Namun hanya sedikit sekali manusia yang akan selamat dari fitnah dajal. Baik ketika masa datangnya dajal maupun saat ini menjelang masa datangnya dajal. Maka dari itu, menjadi sangat penting untuk selalu menjaga diri kita dari berbagai bentuk tipu daya dan penyesatan yang dilakukan para pejuang kesesatan. Mereka sedang mempersiapkan kehadiran dan panggung sang dajal akhir zaman.

Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, berkata Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ سَطَعَ لَهُ نُوْرٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءَ يُضِيْءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَغُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ

“siapa yang membaca surat Al-kahfi pada hari jum’at maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari jum’at, dan diampuni dosanya antara dua jum’at.”(HR. Abu Bakr bin Mardawaih dalam tafsirnya dengan isnad. Dari kitab at-Targhib wa al- Tarhib: 1/298)

Mendapatkan ampunan dosa diantara dua jum’at

Sesuai riwayat dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ أَضَآءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ

“Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jum’at.” (HR. Al-Hakim: 2/368 dan Al-Baihaqi: 3/249. Ibnul Hajar mengomentari hadits ini dalam Takhrij al-Adzkar, “Hadits hasan.” Beliau menyatakan bahwa hadits ini adalah hadits paling kuat tentang surat Al-Kahfi. Syaikh Al-Albani menshahihkannya dalam Shahih al-jami’, no.6470

Ganjaran yang disiapkan bagi orang yang membaca surat Al-Kahfi pada malam atau hari Jum’at, maka diberikan cahaya (disinari). Dan cahaya ini diberikan ketika nanti di hari kiamat, yang memanjang dari bawah kedua telapak kakinya sampai ke langit. Dan hal ini menunjukkan panjangnya jarak cahaya yang diberikan kepadanya, sebagaimana firman Allah Ta’ala:

يَوْمَ تَرَى الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ يَسْعَى نُورُهُمْ بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَانِهِمْ

“Pada hari ketika kamu melihat orang mukmin laki-laki dan perempuan, sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka.” (Qs. Al-Hadid: 12)

Dari Abu Sa’id al-Khudri radliyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيْقِ

“Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul ‘atiq.” (Sunan Ad-Darimi, no. 3273. Juga diriwayatkan al-Nasai dan Al-Hakim serta dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih al-Targhib wa al-Tarhib, no. 736)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image