Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image FKIP UAD

Resah Kasus Begal Jalanan, Mahasiswa PPKn Berikan Penyuluhan Anti Begal

Olahraga | Sunday, 22 Jan 2023, 19:45 WIB

Mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) tergabung dalam komunitas penyuluh begal pada Kamis, 07 Januari 2023 mengadakan penyuluhan anti begal di SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Muhammad Zulfikar salah satu anggota penyuluh menjadi pembicara dalam kegiatan ini. Mahasiswa melakukan penyuluhan di kelas 7 SMP mendapatkan banyak simpati dan apresiasi dari para siswa. Antusiasme tersebut menunjukan bahwa kelas 7 cukup menyadari tentang urgensi penanganan begal.

Dalam sesi penyuluhan, Zulfikar menjelaskan bahwa begal merupakan tindakan amoral yang banyak terjadi di tengah masyarakat. Banyak jenis kenakalan remaja, salah satu yang menjadi perhatian di penyuluhan ini ialah remaja melakukan kekerasan dan penganiayaan di jalanan.

“Banyak dari mereka masih duduk di bangku SMA hingga SMP. Konsekuensi dari pelaku kriminal tersebut ancaman pidana hingga 15 tahun penjara. Akan tetapi, apabila di bawah umur pihak berwajib akan memproses sesuai dengan sistem peradilan anak", terang Zulfikar mahasiswa PPKn UAD.

Berkat kegiatan ini para peserta penyuluhan sangat terbantu oleh informasi baru. Antusiasme peserta juga terlihat dari keaktifan mereka dalam mengajukan pertanyaan kepada pembicara, salah satunya upaya penanganan dan pencegahan tindakan anti begal.

(tsa: Humas FKIP UAD)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar
 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image