Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image dewangga bruri

2 Cara Update Dapodik 2023c ke 2023d

Pendidikan dan Literasi | Saturday, 21 Jan 2023, 10:51 WIB

Aplikasi Dapodik versi 2023.d ( semester Genap ) sudah resmi dirilis pada 17 Januari 2023 dan seluruh satuan pendidikan baik itu formal dan nonformal wajib untuk melakukan update ke versi terbaru ini karena pada versi ini merupakan versi untuk semester genap dan memiliki banyak fitur baru.

Apa Yang Baru di Dapodik Versi 2023.d?

1. [Perbaikan]Perbaikan penginputan tema P5 pada pembelajaran bagi Pelaksana Kurikulum Merdeka.

2. [Perbaikan]Perbaikan Perbaikan bug saat memilih kurikulum dan tingkat pendidikan di jenjang PKBM/SKB yang menyelenggarakan program KB, TPA, dan SPS.

3. [Perbaikan]Perubahan proses bisnis penginputan prasarana kamar mandi/WC.[Perbaikan]Perbaikan isian kecamatan hingga level desa/kelurahan pada formulir peserta didik - bagian data pribadi.

4. [Pembaruan]Penambahan status informasi penerima Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP).

5. [Pembaruan]Penambahan sub ruang/bilik untuk prasarana kamar mandi/WC.

6. [Pembaruan]Penambahan kolom kondisi dan bobot kerusakan bangunan hasil penginputan melalui Manajemen SP.

7. [Pembaruan] Penambahan referensi ruang pusat sumber pendidikan inklusif.

Cara Update Dapodik ke Versi 2023.d

Perlu kalian ketahui terdapat 2 cara update versi dapodik ke versi 2023.d dimana pada langkah pertama adalah langsung menginstall patch versi 2023.d dan yang kedua adalah instalasi full versi 2023.d.

Mengapa ada 2 cara? karena pada waktu kami mencoba untuk update versi 2023.d ini ada yang bisa langsung instalasi patch saja dan ada yang harus melakuakninstall ulang aplikasi dapodiknya. ( kami mencoba pada 2 satuan pendidikan yang kami kelola )

Syarat Update Versi dapodik 2023.d

1. Sudah terinstall Aplikasi Dapodik Pada perangkat

2. Sudah melakukan sinkronisasi data

Wajib diketahui, sebelum klaian melakukan update, pastikan kalian sudah melakukan sinkronisasi data, karena jika tidak maka data yang kalian ubah tidak akan tersimpan.

2 Cara Update Dapodik Versi 2023.d

1. Install Patch versi 2023.d

Unduh Patch dapodik versi 2023.d pada laman dapodikdasmen

Install Patch 2023.d

Setelah kalian melakukan instalasi maka kalian akan mendapatkan 2 notifikasi yaitu berhasil atau tidak. Apabila berhasil maka kalian bisa langsung melakukan setting aplikasi dapodik kalian. Namun jika notifnya gagal karena versi terlalu lama maka kalian bisa mengikuti tuorial instalasi ulang full versi dibawah ini :

2. Install Ke Versi 2023.d Full Versi

(1) Uninstall Aplikasi Lama

Untuk melakukan install ulang maka kalian wajib melakukan uninstall terlebih dahulu aplikasi dapodik yang ada dengan langkah:

Buka menu pengaturan > Aplikasi > Cari Aplikasi Dapodik > Hapus Instalan

Setelah melakukan hapus instalan maka kalian akan diminta untuk melakukan restart perangkat baik komputer desktop maupun laptop, silahkan lakukan restart.

(2) Install Aplikasi Baru

Setelah perangkat selesai di restart maka langkah selanjutnya adalah mengunduh aplikasi dapodik versi 2023.d full versi pada laman dapodikdasmen.

Selesai kalian mengunduh file installer full versi 2023.d maka kita lakukan instalasi.

(3) Registrasi Akun

Selanjutnya setelah berhasil melakukan instalasi versi 2023.d maka kalian wajib melakukan registrasi kembali baik secara offline maupun online untuk langkahnya sebagai berikut:

buka aplikasi dapodik > Pilih metode Offline/Online > masukkan Kode Registrasi Sekolah > Masukkan email operator dapodik > masukkan password > Klik tombol Registrasi

Silahkan tungu hingga proses penarikan data selesai.

(4) Login dan setting ulang

Langkah selanjutnya adalah melakukan login ke aplikasi dapodik dan melakuakn setting ulang pada semester genanp ini. Untuk login seperti biasa kalian login dan untuk setting ulangnya sendiri ada banyak sekali yaitu :

1. Mengisi Data Periodik

2. Mengisi data sanitasi

3. Menyalin data periodik siswa

4. Melanjutkan rombel

5. Mengisi ulang jadwal pembelajaran

6. Mengisi ulang waktu pembelajaran

Pastikan kalian sudah melakukan semuanya seperti pada semester ganjil ya.

(5) Sinkronisasi

Langkah terakhir adalah melakukan sinkronisasi data dapodik agar data yang telah kalian ubah dan sesuaikan tadi terinput di data dapodik pusat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image