Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Uki Widiyanti

SMPN 9 Jakarta Gelar Workshop Penguatan Kompetensi Pedagogik dan Pemantapan IKM

Sekolah | Wednesday, 18 Jan 2023, 09:50 WIB
Dr.Widodo,S.Psi.,M.Pd. narasumber Penguatan Kompetensi Pedagogik
Dr.Jawane Malau, M.M.,M.Pd. sedang menyampaikan materi Pemantapan Implementasi Kurikulum Merdeka
Narasumber dan Peserta Workshop SMP Negeri 9 Jakarta

Berdasarkan hasil rapor mutu sekolah dimana kompetensi pedagogik yang masih kurang nilainya dan adanya permasalahan-permasalahan yang terjadi di lapangan yang dihadapi oleh guru kelas VII khususnya, yang pada tahun pelajaran 2022-2023 ini sudah menggunakan kurikulum merdeka. Maka Kepala Sekolah SMPN 9 Jakarta, Hasudungan Aritonang, S.Pd. merasa perlu melakukan tindak lanjut mengenai permasalahan-permasalahan tersebut. Tindak lanjut yang dilakukan adalah dengan mengadakan kegiatan Workshop Penguatan Kompetensi Pedagogik dan Pemantapan Implementasi Kurikulum Merdeka.

Pelaksanaan kegiatan workshop dilaksanakan selama dua hari yaitu pada Senin dan Selasa, 16-17 Januari 2023. Setiap harinya kegiatan dimulai pukul 13.00 s.d. 16.00 WIB sehingga tidak menganggu kegiatan belajar mengajar di sekolah. Peserta kegiatan ini adalah seluruh guru SMP Negeri 9 Jakarta yang berjumlah 45 orang.

Narasumber kegiatan workshop adalah akademisi yang sangat mumpuni dibidangnya. Dr.Widodo,S.Psi.,M.Pd. adalah narasumber workshop di hari pertama. Beliau memaparkan materi tentang Penguatan Kompetensi Pedagogik. Pembahasan materi penguatan kompetensi pedagogik disampaikan dengan piawai oleh Dr.Widodo,S.Psi.,M.Pd. mulai dari pengenalan karakter peserta didik, teori belajar dan prinsip pembelajaran, pengembangan kurikulum, pembelajaran yang mendidik, pengembangan potensi peserta didik, cara berkomunikasi, sampai materi penilaian evaluasi belajar.

Di hari kedua workshop sebagai narasumber adalah Dr.Jawane Malau, M.M.,M.Pd. Beliau memaparkan materi Pemantapan Implementasi Kurikulum Merdeka. Pembahasan-pembahan pemantapan implementasi kurikulum merdeka disampaikan dengan penuh semangat sehingga membawa antusiasme peserta workshop pada saat itu. Permasalahan-permasalahan yang dihadapi guru kelas VII saat pembelajaran di sekolah dapat terjawab tuntas oleh beliau. Selain itu wawasan guru dalam membuat modul pembelajaran dan seluk beluk asesmen semakin bertambah pula.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image