Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Arum Pusporini

Amankah Susu UHT Untuk Anak Di Bawah 1 Tahun?

Eduaksi | Tuesday, 17 Jan 2023, 14:25 WIB

TANGSEL. – Memasuki usia 6 bulan, tumbuh dan kembang bayi menjadi sangat pesat dan membuat orang tua takjub melihat perkembangannya. Selama itu pula, pemberian nutrisi si kecil semakin bertambah, selain ASI eksklusif orang tua mulai memberikan mpasi.

Ilustrasi: Susu UHT [Doc: Israhmadhan Kurniawan / PT Rumbaka]

Biasanya sebagian orang tua terpikirkan untuk memberikan tambahan susu UHT sebagai asupan gizi si kecil selain ASI dan mpasi. bayi mulai dikenalkan berbagai tekstur dan rasa yang mengandung gizi dan protein yang baik untuk anak.

Susu UHT sendiri merupakan susu Ultra High Temperature yang telah dipanaskan dengan suhu lebih dari 135 derajat celcius selama beberapa detik. Meski diolah dengan suhu yang tinggi, kandungan nutrisi yang dibutuhkan masih tinggi. Lantas apakah aman untuk bayi di bawah 1 tahun?

Menurut dokter Meta Hanindita dari RS Manyar Medical Centre di Surabaya mengatakan “Kandungan susu UHT tidak sesuai dengan kebutuhan bayi, maka tidak disarankan untuk diberikan pada anak usia di bawah 1 tahun, karena bisa membebani kerja ginjal.” ujarnya dalam instagram pribadi miliknya.

Pasalnya, WHO pun memberi anjuran untuk memberikan ASI eksklusif sampai bayi berusia 2 tahun, selain untuk memenuhi kebutuhan. ASI bisa meningkatkan daya tahan tubuh si kecil. Imunoglobulin utama dalam ASI ialah IgA yang memberi proteksi terhadap patogen dalam tubuh si kecil.

Perlu diketahui, usahakan jangan berikan apapun selain ASI selama 6 bulan pertama si kecil, apalagi sampai mengonsumsi susu UHT secara langsung. Terkecuali jika ingin menambahkan susu UHT pada makanan mpasi, seperti makaroni skotel.

Selain itu, sistem pencernaan bayi di bawah 1 tahun belum sempurna untuk menyerap protein sapi yang terkandung dalam susu UHT. Pencampuran susu UHT dalam mpasi dianggap lebih aman untuk bayi berusia 2 tahun ke atas, namun orang tua juga perlu memastikan si kecil tidak mengalami alergi.

Dilansir dari HaiBunda, seorang ahli diet dan pendiri Eat Right Nutrition Consultancy mengatakan “Anak di bawah 1 tahun memiliki kebutuhan energi yang tinggi, maka tidak disarankan untuk mengonsumsi susu rendah lemak atau susu skim seperti susu UHT.” tutupnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image