Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image DannyPut Danny

Implementasi Kebijakan SMART CITY di Kota Tangerang Selatan

Politik | Thursday, 12 Jan 2023, 14:05 WIB

Agenda kebijakan, Pemerintah Tangerang Selatan mencoba menerapkan konsep Smart City dengan memberdayakan para pemuda Tangsel yang berada di usia produktif, memberikan fasilitas-fasilitas umum salah satunya berupa Wifi untuk publik yang bertujuan agar masyarakat dapat mengakses internet dengan mudah, dan dalam pelayanan publik juga pemerintah Kota Tangsel membuat beberapa aplikasi android yang bersifat pelayanan publik yaitu SIARAN, Tangsel Cmore City, Tangsel Belajar, PAGAR Kota Tangsel, SIMANJA, Tangselpay, SiPePohoNan, e-SPTPD Kota Tangerang Selatan, LAPOR TANGSEL, SIDAP Tangsel, Mata Tangsel, dan lainnya. Dalam menerapkan konsep pemerintahan yang cerdas (Smart City) khusus pelayanan publik (publik service ) Pemerintah Kota Tangerang Selatan telah menciptakan aplikasi sistem pengaduan dan pelaporan atau disebut SIARAN yang berfungsi untuk memudahkan sistem pelayanan dimasyarakat dan melakukan pemasanagan CCTV ditempat-tempat yang banyak dikunjungi masyarakat serta pada perempatan jalan yang sering ditemui kemacetan. Selain itu Pemerintah Kota Tangerang Selatan juga meluncurkan aplikasi " Tangsel Pay " untuk pembayaran restribusi dan perpajakan untuk mencegah terjadinya kebocoran anggaran, menyediakan jaringan wifi dan menempatkan Blue Print disemua birokrasi. Aplikasi ini telah diterapkan disemua Instansi Pemerintah Kota Tangerang Selatan.

Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menargetkan di 2021 menjadi Kota Smart City atau Kota Pintar, hal tersebut terungkap saat kegiatan sosialisasi hambatan dan tantangan program smart city di Tandon Ciater, Serpong, Kota Tangsel, Senin (3/12).

Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany, mengungkapkan terima kasih kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang telah menjadikan Tangsel sebagai 100 Kota Smart City yang dibimbing langsung oleh Kementerian.

Tentu kita akan melihat dan memotret ada dimana posisi smart city Tangsel, sehingga harapan kita dengan sosialisasi ini akan menjadi acuan dan blueprint targetnya seperti apa, dan targetnya seperti apa setiap tahunnya, kami ingin dapat masukannya dari bapak ibu dalam rangka konsisten mewujudkan program smart city,”ungkapnya.

Sosialisasi Hambatan Dan Tantangan Program Smart City Kota Tangsel SERPONG – Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menargetkan di 2021 menjadi Kota Smart City atau Kota Pintar, hal tersebut terungkap saat kegiatan sosialisasi hambatan dan tantangan program smart city di Tandon Ciater, Serpong, Kota Tangsel, Senin (3/12).

Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany, mengungkapkan terima kasih kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang telah menjadikan Tangsel sebagai 100 Kota Smart City yang dibimbing langsung oleh Kementerian.

“Tentu kita akan melihat dan memotret ada dimana posisi smart city Tangsel, sehingga harapan kita dengan sosialisasi ini akan menjadi acuan dan blueprint targetnya seperti apa, dan targetnya seperti apa setiap tahunnya, kami ingin dapat masukannya dari bapak ibu dalam rangka konsisten mewujudkan program smart city,” ungkapnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image