Mahasiswa Amikom Gelar Penyuluhan Pemasaran Online Koperasi Senin Kliwon

Rembuk  

Proyek Sosial merupakan salah satu mata kuliah wajib dari kampus kami, Universitas Amikom Yogyakarta. Pada mata kuliah ini, kami diwajibkan untuk menyosialisasikan ilmu yang telah didapat pada bangku perkuliahan ke masyarakat sosial, seperti memahami tentang bagaimana cara untuk bekerjasama, etika dalam bertemu dengan mitra. Tujuannya agar bisa meningkatkan serta membagikan hard skills dan soft skills yang dimiliki tiap mahasiswa.

Agar Proyek Sosial ini bisa berjalan dengan lancar tentu kami membutuhkan mitra yang mampu serta bersedia untuk bekerja sama.

Foto bersama dengan Bu Amanah (salah satu anggota PKK) dan pengerajin yang sedang melakukan proses produksi.

Mitra yang kami pilih yaitu Koperasi Senin Kliwon yang memegang kendali secara langsung atas beberapa pengrajin di daerah sana. Lokasi pengrajin ini terletak di Kajen, Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Koperasi Senin Kliwon ini merupakan koperasi yang menaungi para pengrajin gerabah di Kasongan yang dimana anggota koperasi ini adalah ibu-ibu PKK (Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga) dari tiga RW yang beranggotakan sejumlah 80 orang.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Penyuluhan Proyek sosial yang kami berikan ke mitra Koperasi Senin Kliwon ini di antaranya adalah sebagai berikut; a) Penyuluhan mengenai sistem pemasaran dan ekspor produk berupa foto produk, pembuatan template untuk memenuhi kebutuhan sosial media marketing, serta pembuatan website dengan orientasi ke luar negeri, b) Pembuatan branding dan website Koperasi Senin Kliwon, c) Sosialisasi kepada pemuda-pemudi setempat mengenai sosial media marketing, d) Pembuatan video company profile Koperasi Senin Kliwon.

Proyek ini dimulai pada 5 Oktober 2022 dimana perwakilan dari kelompok kami berhasil menemui salah satu anggota koperasi Senin Kliwon yang bernama Bu Titik dan disambut baik oleh beliau. Kami mengajukan beberapa pertanyaan mengenai sistem marketing dan ekspor gerabah yang dilakukan oleh koperasi Senin Kliwon dan ternyata kami menemukan kendala bahwa mayoritas Ibu-ibu PKK masih kurang paham mengenai teknologi. Berikutnya kami menawarkan kepada koperasi bahwa tujuan kami datang untuk membantu menangani kendala yang dihadapi dalam sosial media marketing dan ekspor gerabah koperasi Senin Kliwon dengan sebuah penyuluhan terhadap mitra.

Singkatnya, pada 13 November 2022 pukul 19.30 WIB kami melakukan penyuluhan terkait rencana kedepannya baik itu tentang ekspor gerabah melalui website, pembuatan video company profile dan juga social media marketing kepada mitra koperasi Senin Kliwon dan perwakilan Organisasi pemuda setempat. Kami mencoba untuk memberdayakan pemuda di sana dalam bidang sosial media.

Beberapa pemuda sudah mulai terbuka akan pemanfaatan sosial media marketing yang ada utamanya dalam menjadi admin media sosial. Kami juga melakukan penyuluhan dalam pengambilan foto yang tepat agar terlihat lebih menarik dan dapat diunggah untuk mengisi sosial media. Walaupun dilaksanakan saat malam hari, akan tetapi antusias dari warga sekitar untuk menyimak materi yang telah disampaikan sangat tinggi.

Pada hari Sabtu, 24 Desember 2022, kami seluruh anggota melakukan proses pengambilan video company profile. Dalam video tersebut berisikan mengenai pengenalan Koperasi Senin Kliwon, mulai dari awal-mula terbentuknya koperasi, lalu cerita dari pengrajin gerabah untuk masuk ke lingkungan koperasi, selain itu juga kami mengambil video mengenai proses pembuatan gerabah. Kami pun mendapat kesempatan untuk berdialog secara langsung dengan para pengrajin gerabah yang kebetulan juga sedang melakukan proses produksi dalam jumlah banyak.

Berbagai proyek sosial yang telah kami bagikan ke mitra Koperasi Senin Kliwon. Harapan ke depannya semoga bisa bermanfaat bagi mitra serta kami mahasiswa juga mendapatkan ilmu yang bermanfaat dari perbincangan yang telah dilakukan dengan mitra. Proyek sosial ini membuat kami saling belajar bagaimana caranya untuk berprogres ke depannya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Kategori

× Image