Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image IndonesiaPos

Nutrisi untuk Tumbuh Kembang Anak agar Sehat dan Energik

Gaya Hidup | Tuesday, 10 Jan 2023, 17:32 WIB

Nutrisi tumbuh kembang anak merupakan tema menarik untuk dikupas. Sebagai seorang Mom, tentu sangat senang ketika melihat si buah hati tumbuh dengan badan yang sehat, kuat, dan berenergi. Untuk menunjang tumbuh kembang supaya optimal, Selain harus memperhatikan jadwal MPASI perdana yang tepat, Mom juga perlu memperhatikan asupan makanannya. Berikut kami rangkumkan, Nutrisi yang wajib dikonsumsi anak.

1. Karbohidrat

Karbohidrat diperlukan tubuh untuk memperbaiki jaringan. Selain itu, karbohidrat juga berfungsi untuk membangun lemak dan protein. Tubuh yang kekurangan karbohidrat biasanya akan mudah lelah, dan kurus. Makanya, tak heran, jika makanan utama yang sering dikonsumsi manusia adalah yang mengandung karbohidrat. Seperti Nasi kalau di Indonesia. Sebenarnya, makanan-makanan yang mengandung Karbohidrat yang rendah karbohidrat banyak sekali. Bukan hanya nasi. Untuk makanan alaminya, bisa didapatkan dari umbi-umbian. Seperti Kentang, Ketela, jagung. Untuk makanan modern atau western, ada di dalam roti, pasta, sereal, dan makanan lain yang sejenis.

2. Zat Besi

Seperti dikutip dari beberapa Media Parenting, Zat besi juga tidak kalah penting untuk dikonsumsi. Karena, Zat Besi memiliki fungsi untuk mengalirkan oksigen dan membentuk sel darah. Tubuh yang kekurangan zat besi, biasanya akan merasa lemas dan lunglai. Karena, darah dan oksigen tidak mengalir lancar ke tubuh. Untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung Zat Besi, Mom bisa mendapatkannya dari daging-dagingan dan kacang-kacangan. Seperti; Daging, unggas, gandum, kacang hijau, buncis, sereal, kerang, Tuna, telur, biji-bijian dan lain-lain.

3. Vitamin

Vitamin-vitamin yang wajib dikonsumsi anak, seperti; Vitamin A, Vitamin C, vitamin D, Vitamin E, dan vitamin-vitamin pendukung lainnya. Untuk mendapatkan Vitamin A, Mom bisa mendapatkannya dari Wortel, Brokoli, Kangkung, Ubi jalar, Pepaya, Susu, Keju, Ikan Makarel, dan lain sebagainya. Vitamin D bisa di dapatkan dari Sinar Matahari pagi, Salmon, Tuna, Udang, dan Kuning Telur. Untuk Vitamin C, seperti; Jeruk, Paprika, Kubis, Bayam, Strawbery, dan lain-lain. Sedangkan sumber Vitamin E, bisa diperoleh dari Alpukat, Kacang Almond, minyak biji Gandung, biji bunga Matahari, dan lain-lain.

4. Protein

Nutrisi tumbuh kembang anak yang keempat yaitu Protein. Manfaat dari protein yaitu untuk memperbaiki kinerja otak agar lebih baik. Berdasarkan informasi yang Kang Tulis dapatkan dari Mayapada Hospital, bahwa, Tirosin dan asam amino dalam protein memiliki peran yang sangat penting untuk memproduksi dopamin dan neurotransmiter norepinefrin. Yang mana, zat-zat tersebut membantu anak supaya tetap sehat, tumbuh dengan baik dan benergi. Sumber makanan yang mengandung protein, seperti; Daging ayam bagian dada, ikan Salmon, Udang, daging Sapi, Tuna, kacang Kedelai, susu, dan lain sebagainya.

5. Kalsium

Kalsium memiliki beragam fungsi dan manfaat untuk membantu tumbuh kembang anak. Makanya, nutrisi ini terkategori penting dan tidak boleh dilewatkan untuk dikonsumsi anak. Fungsi dari Kalsium diantaranya yaitu; Meningkatkan kepadatan tulang, mengoptimalkan tinggi badan, memperkuat sistem imun tubuh, dan meningkatkan kecerdasan otak. Sumber makanan yang mengandung tinggi kalsium seperti; Edamame, Ikan teri, telur, sarden, tahu, tempe, kacang Almon, dan sayuran berdaun hijau. Seperti; Bayam, Brokoli, Selada.

6. Serat

Serat juga tidak kalah penting dalam berkontribusi untuk pertumbuhan anak. Sebagaimana yang Mom ketahui, serat memiliki fungsi untuk memperlancar pencernaan anak. Sebenarnya, selain untuk meminimalisir sembelit, serat juga memiliki manfaat lain yang tidak kalah penting. Diantaranya; Meningkatkan penyerapan nutrisi ke dalam tubuh, sebagai Prebiotik, dan mengontrol kadar gula darah. Sumber makanan yang tinggi serat seperti; Apel, Alpukat, Pisang, Bayam, Wortel, Kentang, Brokoli, Kacang Hijau, Kacang Polong, Kacang Almond, Beras Merah, dan Oetmil.

Mom, itulah makanan-makan yang membantu meNutrisi tumbuh kembang anak. Untuk mendapatkan lebih banyak referensi, ada baik nya Mom juga banyak membaca dari berbagai sumber Media Parenting agar mom mendapatkan banyak informasi yang dibutuhkan

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image