Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mukhamad Nur Cahyo

Apasih Makanan Khas Jawa Timur Yang Terkenal Kelezatannya?

Kuliner | Monday, 09 Jan 2023, 14:27 WIB

Makanan Jawa Timur ini banyak digemari oleh orang-orang karena tidak susah ditemukan. Berikut ini adalah beberapa makanan khas Jawa Timur yang bisa membuat kamu temui dan menggugah selera.

1. Soto Lamongan

Salah satu makanan khas Jawa Timur yang penjualnya bisa kamu temui di berbagai daerah di seluruh wilayah di Indonesia. Rasa soto lamongan ini sangat nyaman di perut. Apa lagi kalau kamu makannya waktu sotonya masih hangat dan suasana di luar sedang dingin dan hujan.

Kira-kira kamu tahu tidak apa yang membedakan soto lamongan dengan soto lainnya? Yap! Perbedaan soto lamongan dengan soto lainnya adalah koya. Koya yang digunakan pada kuah soto menambah cita rasa soto untuk semakin lezat.

Koya adalah sejenis bubuk kaldu yang rasanya gurih dan terbuat dari kerupuk udang dan bawang putih yang dihancurkan hingga lembut. Koya nantinya akan ditaburkan di atas isian soto sebelum disajikan.

2. Rawon

Siapa yang tak kenal dengan rawon? Makanan khas yang terkenal dengan kuahnya yang berwarna hitam ini. Jika kamu belum pernah mencobanya, inilah saat bagi kamu untuk mencobanya!

Kuah rawon memiliki warna hitam karena dihasilkan dari kluwek dan kuahnya inilah yang menjadi ciri khasnya.

Rawon biasanya menggunakan daging sapi yang diiris kotak-kotak dan direbus dalam waktu yang lama untuk menghasilkan daging yang empuk. Rawon biasa disajikan dengan kecambah tauge.

3. Bakso Malang

Siapa yang tak kenal dengan bakso malang? Makanan yang sering kali terdengar dan lewat depan rumah kalian bukan? Bakso malang identik dengan pangsitnya yang membuat bakso ini memiliki berbagai macam tekstur.

Makanan khas Jawa Timur yang wajib kamu coba yang pastinya bikin kamu ketagihan. Pada umumnya, bakso malang disajikan dengan kuah yang hangat, gurih, dengan isian yang komplit.

Biasanya isinya ada bakso, tahu putih atau coklat, bakso aci, juga toping mie, bihun, dan sayuran. Bakso malang ini mencantumkan kata “malang” di dalam namanya karena memang asal dari bakso ini dari Malang.

4. Rujak Cianjur

Makanan khas kota Surabaya, Jawa Timur ini memiliki hal yang sangat membuat ketagihan, rujak cingur. Rujak Cingur berisi berbagai macam jenis sayuran dan buah. Sayuran dan buah tersebut ada krai, tauge, kangkung, nanas, kacang panjang, kedondong, dan sebagainya.

Di rujak cingur, krai, tauge, kangkung, nanas, kacang panjang, kedondong, dan sebagainya dicampurkan dengan tempe, tahu, lontong, hingga hidung sapi alias cingur.

Hidung sapi ini adalah salah satu bahan yang menjadi ciri khas dari rujak cingur. Penjual rujak cingur ini, biasanya mengolah bumbu kacang dan petis. Biasanya bumbunya akan disiapkan dalam satu cobek batu yang berukuran besar.

Sumber: gramedia.com

Baca Juga: Oleh-oleh Khas Pati Paling Populer 2022

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image