Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Soffi Mayhesti

Mahasiswa Ilkom USM Perkenalkan 'Brand Identity' dalam Pendampingan Pembuatan Logo pada UMKM

UMKM | Thursday, 05 Jan 2023, 22:12 WIB

Sumber : Dok. Mahasiswa Ilkom USM

Usaha mikro kecil menengah (UMKM) merupakan istilah umum dalam dunia ekonomi. UMKM umumnya dijalankan oleh individu, rumah tangga atau badan usaha ukuran kecil. Penggolongannya sendiri didasarkan batasan omzet per tahun, jumlah kekayaan aset, dan jumlah pegawai.

Hal ini mendukung pesatnya usaha mikro yang semakin berkembang, namun Pandemi Covid-19 muncul dan belum berhenti hingga ancaman resesi dunia membuat pelaku usaha harus putar otak agar usahanya tetap berjalan.

Kurangnya pengetahuan dan informasi bagi pelaku usaha mikro atau UMKM mempunyai ‘Brand atau Logo’ sendiri pada produknya sangat minim, bahkan hampir menghiraukan pentingnya sebuah Brand Identity.

Sabtu, (17/12/2022) mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (USM) menyelenggarakan Pendampingan Pembuatan Logo Sebagai Brand Identity pada UMKM Produk Makanan Ringan di Kelurahan Muktiharjo Kidul Kota Semarang. Kegiatan yang diikuti oleh 6 UMKM Kelurahan Muktiharjo Kidul Kota Semarang ini belajar tentang berbagai jenis logo dan manfaatnya. Tidak hanya itu, para UMKM ini bersama mahasiswa melakukan konsultasi terkait dengan gambaran logo yang diinginkan baik bentuk, tulisan dan warna.

Dosen Ilmu Komunikasi, Yoma Bagus Pamungkas, S.I.Kom, M.I.Kom memaparkan logo salah satu hal yang harus dimiliki oleh pelaku usaha selain meningkatkan penjualan juga sebagai identitas usaha tersebut.“Logo merupakan simbol atau lambang dari suatu produk yang harus dimiliki setiap usaha khususnya UMKM. Selain meningkatkan penjualan juga menjadi identitas dari suatu usaha. Ada beberapa jenis logo yang bisa digunakan, salah satunya Jenis Word Mark (huruf sebagai logonya tanpa disingkat). Tidak hanya itu, jika membangun Brand Identity memang tidak langsung berhasil namun dilakukan secara konsisten, sehingga jika Brand Identity ini sudah besar dapat diteruskan oleh penerus kita”, Ujarnya.

Sumber : Dok. Mahasiswa Ilkom USM

“Saya baru tahu bahwa logo merupakan salah satu hal terpenting dalam usaha. Ternyata ada begitu banyak macam jenis logo, salah satunya logo dengan huruf atau tulisan tanpa disingkat. Ini sangat bermanfaat dan akan saya jadikan salah satu pilihan untuk logo usaha saya”, ujar Peserta Pendampingan Supriyati.

Ketua Pendampingan, Dinda Hayuning mengaku kegiatan ini sebagai aksi nyata mahasiswa mata kuliah Komunikasi Pembangunan terjun langsung ke masyarakat memberikan pendampingan dan berbagi ilmu untuk memajukan masyarakat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image