Mengungkap Rahasia Para Pebisnis Sukses Dunia
Eduaksi | 2023-01-04 16:05:54Berbisnis menjadi cara bagi sebagian orang untuk menghasilkan uang. Hal yang penting dipahami bersama bahwa dalam berbisnis tentu kita harus mengetahui kiat atau rahasianya. Tujuannya agar bisnis yang ditekuni kelak berhasil meraih kesuksesan sebagaimana yang diharapkan.
Kita perlu berguru kepada para pebisnis tangguh yang telah berhasil melewati beragam kegagalan hingga akhirnya mereka berhasil meraih sukses dalam berbisnis. Dalam buku berjudul “Nyontek Abis Cara Bisnis Para Miliarder Muslim Dunia” karya Alissa Taufiq dibeberkan kisah-kisah sukses miliarder muslim dunia yang dapat menginspirasi para pembaca.
Tak hanya itu, dalam buku terbitan Araska (2022) tersebut juga diulas rahasia kesuksesan para miliarder muslim dunia dalam berbisnis, sehingga kita bisa meniru kiat atau rahasia kesuksesan mereka.
Aliko Dangote adalah salah satu pebisnis sukses yang diungkap kisahnya dalam buku ini. Ia adalah seorang pebisnis muslim kenamaan asal Nigeria. Pria yang lahir tahun 1957 di Kano Satet ini sejak kecil tumbuh dalam lingkungan keluarga pebisnis. Sanusi Dantata, kakeknya, pernah disebut sebagai salah satu orang terkaya di Kano dengan kepemilikan bisnis komoditas seperti gandum dan beras.
Meskipun awalnya Aliko tak tertarik dengan dunia bisnis, tapi setelah menghabiskan masa kecilnya bersama sang kakek, ia dengan cepat menjadi tertarik dengan dunia bisnis. Ia menceritakan bahwa ketika masih sekolah dasar, ia pergi membeli kotak permen dan kemudian mulai menjualnya untuk menghasilkan uang.
Singkat cerita, ketika Aliko dewasa, ia berhasil membangun bisnis yang menguntungkan. Usahanya terus berkembang pesat. Tahun 1981 ia mendirikan dua perusahaan, yakni Dangote Nigeria Limited dan Blue Star Services. Perusahaan ini didirikan demi mendapatakan lisensi impor komoditas secara besar-besaran. Dari perusahaan yang didirikannya tersebut, ia berhasil mendapatkan izin impor berbagai komoditas seperti baja, makanan bayi dan produk aluminium termasuk semen.
Salah satu rahasia kesuksesan Aliko yang perlu ditiru adalah tentang kepintarannya dalam memanajemen waktu. Ia mampu memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dengan bangun pagi, sehingga dapat memanfaatkan waktu lebih panjang untuk prioritas lain. Ia bangun sebelum pukul 5.30 pagi dan berlari sejauh 10 kilometer. Baginya, olahraga merupakan hal penting, menjadi bagian rutinitas paginya karena pada saat itulah kadar testosteron sedang tinggi.
Manajemen waktu yang baik adalah salah satu kemampuan penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Jika Anda tidak dapat mengatur waktu dengan baik, tidak mungkin Anda mencapai sesuatu yang telah direncanakan sebelumnya.
Pebisnis sukses lainnya yang dibeberkan dalam buku ini yakni Azim Premji. Ia adalah miliarder muslim yang lahir di Bombay, India, 24 Juli 1945. Pebisnis yang seluruh rambutnya telah berwarna putih ini berkibar lewat Wipro Ltd. Lewat perusahaan teknologi informasi yang didirikannya tersebut, namanya menjadi terkenal luas.
Azim juga dikenal sebagai sosok pengusaha di India yang berhasil menanamkan budaya bisnis modern yang mampu memanfaatkan arus globalisasi di negerinya. Nyatanya, banyak pengusaha muda di India yang mengikuti jejaknya. Kini mereka mulai berkiprah di bisnis internasional.
Salah satu kunci keberhasilan Azim dalam berusaha adalah tidak membawa atribut keagamaan. Semua dilakukannya, semata-mata dengan pertimbangan ekonomi. Antara lain, ia tak pernah membeda-bedakan 70 ribu pekerjanya berdasarkan agama yang dipeluknya.
Terbitnya buku genre self improvement ini layak dijadikan sumber inspirasi bagi siapa saja yang menekuni dunia bisnis. Kita bis
***
Disclaimer
Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.