Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Bersama KKN UAD, Bank Sampah Ngadisuryan Bagikan Simpanan Bagi Anggotanya

Info Terkini | Wednesday, 04 Jan 2023, 08:44 WIB
Mahasiswa KKN Alternatif 84 Unit IV.B.2 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) bersama pengurus bank sampah Ngadisuryan (Foto: Istimewa)

Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang tergabung dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Alternatif 84 Unit IV.B.2 bersama pengurus bank sampah Ngadisuryan mengadakan pembagian simpanan bank sampah yang dilaksanakan setiap akhir tahun kepada warga di wilayah Ngadisuryan, Patehan, Yogyakarta, pada 28 Desember 2022. Kegiatan ini diadakan di lingkungan RW 03 dan dihadiri oleh Ketua PKK RW 03, RT 11, RT 12, RT 13, RT 14, dan RT 15 serta masyarakat kampung Ngadisuryan.

Endah Budiyastuti mahasiswa Program Studi Teknologi Pangan, didapuk sebagai penanggung jawab kegiatan pembagian simpanan bank sampah dalam upaya mewujudkan masyarakat yang peduli dan cinta lingkungan di wilayah Ngadisuryan, khususnya RW 03.

“Kegiatan pembagian simpanan bank sampah ini sudah cukup lama tidak diadakan sejak pandemi Covid-19, sehingga setelah pandemi mereda pengurus serta mahasiswa KKN UAD mengadakan kembali pembagian simpanan bank sampah yang dilaksanakan setiap akhir tahun. Nantinya pembagian ini bisa menjadi agenda rutin dan mampu mempererat silaturahmi antarmasyarakat RW 03,” ujar Endah.

Lebih lanjut, Endah menyampaikan bahwa warga RW 03 sangat bersemangat mengikuti kegiatan ini, terlebih lagi masyarakat menjadi tahu tentang adanya perubahan kebijakan dalam membuang sampah pada tahun 2023. Kembali dioperasikannya bank sampah tersebut diharapkan dapat bermanfaat dan menyejahterakan warga setempat.

Hal serupa juga disampaikan oleh Amin Syamsudin selalu ketua unit IV.B.2. “Bank sampah menjadi salah satu cara ampuh untuk mengatasi persoalan lingkungan dengan mengajak warga secara partisipatif untuk memilah sampah sejak dini dimulai dari rumah masing-masing. Selain menjadikan lingkungan bersih, dengan diadakannya bank sampah masyarakat juga akan mendapatkan uang dari hasil penjualan sampah.”

Antusiasme masyarakat RW 03 ini sangat tinggi, terbukti dari banyaknya masyarakat yang ikut serta dalam kegiatan pembagian simpanan bank sampah. Kegiatan diakhiri dengan makan bersama warga setempat dan foto bersama. (frd)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image