Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Muhammadiyah Bandung

Mahasiswa Administrasi Publik UM Bandung Ini Jadi Duta Genre Jawa Barat

Lomba | Thursday, 29 Dec 2022, 14:05 WIB
Mahasiswa program studi Administrasi Publik UM Bandung Shalbi Naila Makarim Nurhidayat

Bandung – Mahasiswa program studi Administrasi Publik UM Bandung Shalbi Naila Makarim Nurhidayat meraih penghargaan Duta dan Jambore Kreativitas (ADUJAK) Genre tingkat Jawa Barat tahun 2022 pada Selasa (20/12/2022).

Shalbi menerima penghargaan itu di Grand Sunshine Resort & Convention, Soreang, Kabupaten Bandung. Kegiatan itu adalah rangkaian acara BKKBN Jawa Barat melalui Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) Subbidang Ketahanan Remaja.

Adapun perwakilan dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat hadir mengikuti kegiatan itu. Dalam anugerah ini, Shalbi meraih penghargaan dalam kategori Duta Genre Jawa Barat Best Program Inovatif.

Secara terpisah, Shalbi mengatakan bahwa penghargaan itu berawal dari keberhasilan dirinya menjadi Juara 1 Duta Genre Sumedang pada Juli 2022 lalu. ”Karena hal itulah saya berhak mewakili Sumedang dalam pemilihan Duta Genre Tingkat Jawa Barat,” ucap Shalbi.

Kegiatan positif

Ia menjelaskan penilaian para peserta berdasarkan beberapa aspek yang berlangsung selama tiga bulan. Misalnya voting, penilaian juri, dan rangkaian challange. ”Kita melakukan banyak tes, mulai dari sepekan aksi, live challange, tes tulis, wawancara program inovasi, hingga speech,” tutur mahasiswa asal Sumedang itu.

Adanya penghargaan ADUJAK itu, menurut Shalbi, menjadikan dirinya sebagai remaja yang aktif dalam melakukan kegiatan positif. ”Karena dari ajang ini saya dapat menjadi seorang remaja yang aktif dan dapat ikut mencegah permasalahan yang ada,” kata Shalbi.

Sehari Cermat

Penganugerahan Shalbi ini berdasarkan program yang ia gagas yakni “Sehat Hari Ini Ceria Masa Tua” (Sehari Cermat). Program itu bertujuan membantu para remaja agar lebih peduli pada perencanaan hidup ke depannya.

”Program ini nantinya akan membantu para remaja untuk bisa mengatasi permasalahan yang sering mereka hadapi,” ungkap mantan Ketua Umum Forum OSIS Kabupaten Sumedang itu.

Tidak hanya itu, program tersebut nantinya akan berisikan kegiatan membersamai para remaja dalam melewati lima masa transisi kehidupan dengan berani, beraksi, dan berkolaborasi.

”Dengan hal itu, para remaja akan menjadi partisipasi yang aktif dan mampu membawa perubahan postif bagi lingkungan sekitarnya,” tandasnya.***(FK)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image