Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mukhamad Nur Cahyo

Kuliner Semarang Terenak yang Wajib Kamu Coba di Tahun 2022

Kuliner | Thursday, 29 Dec 2022, 13:06 WIB

Kuliner Semarang – Semarang merupakan salah satu kota terbesar di Jawa Tengah, yang memiliki berbagai macam kuliner yang khas. Wisata kuliner Semarang, Jawa Tengah juga termasuk bagian makanan yang mungkin tidak bisa ditemukan di kota lain, meskipun ada, tapi olahan rasanya pasti berbeda dari kuliner Semarang.

Tahun 2015, Kementerian Pariwisata menetapkan Semarang sebagai salah satu destinasi kuliner unggulan Indonesia. Hal ini menjadi bukti bahwa Semarang memiliki beragam makanan dan minuman khas yang memiliki cita rasa yang tak perlu diragukan lagi. Oleh karena itu, jika berlibur ke Semarang harus mencicipi kuliner khasnya.

Semarang punya banyak spot kuliner yang menarik untuk dicoba. Khususnya kuliner legendarisnya yang terkenal. Kuliner tersebut kerap menjadi buruan wisatawan yang datang ke Semarang. Kuliner Semarang yang terkenal punya citarasa enak dan bikin kangen terobati. Apakah kamu pernah mencicipi kuliner khas Semarang?

Namun, bagi sebagian orang akan bingung untuk mencicipi kuliner Semarang yang memiliki cita rasa khas. Hal ini bukan tanpa alasan karena kota Semarang itu sendiri memiliki banyak sekali kulinernya. Lalu, apa saja kuliner Semarang yang patut untuk dicoba?

Kamu bisa temukan rekomendasi kuliner khas Semarang, pada artikel ini. Jadi, simak ulasannya sampai habis, Grameds.

Kuliner Khas Semarang

Terdapat banyak makanan enak di Semarang, mulai dari camilan pisang goreng, kue leker, soto hingga makanan berat seperti nasi bebek. Berikut informasi lengkapnya mengenai kuliner khas Semarang:

1. Soto Bangkong

Soto merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang bisa kamu temui di berbagai daerah, seperti soto lamongan, soto madura, hingga coto makassar. Begitu pun Semarang yang memiliki soto bangkong sebagai hidangan soto khasnya.

Nama “bangkong” sendiri berasal dari lokasi kedai yang berada di Jalan Bangkong (saat ini bernama Jalan Brigjen Katamso). Selain itu, soto Bangkong merupakan soto ayam kampung khas Semarang.

Nama warung makan ini terinspirasi dari perempatan jalan tempat warung soto ini berada. Konon kabarnya, perempatan ini dulu banyak kodok, sehingga banyak pelanggan yang menyebut ini Soto Bangkong (kodok dalam bahasa Jawa).

Di warung soto ini, rasa sotonya sangat khas yang berasal dari kecap. Terlebih lagi, kecap tersebut hanya diproduksi oleh pemilik warung. Selain itu, penggunaan daging ayam kampung membuat soto semakin terasa gurih dan enak. Ciri khas soto bangkong terletak pada kuahnya yang berwarna bening kecokelatan.

Soto Bangkok dilengkapi dengan daging ayam suwir, bihun, potongan tomat, tauge dan bawang goreng. Selain menu soto, kamu juga bisa mencoba hidangan lainnya, seperti garang asem dan ayam goreng rempah.

2. Kue Leker

Kue Leker Paimo berada di depan SMA Kolese Loyola, tepatnya di Jalan Karang Anyar No 37, Brumbungan. Tempat makan enak di Semarang yang satu ini hanya berupa gerobak dengan tenda kaki lima dan bangku-bangku.

Meski begitu, Anda harus siap antri cukup panjang. Menu yang ditawarkan Kue Leker Paimo cukup bervariasi. Tidak hanya topping manis, banyak juga pilihan menu leker dengan topping asin. Beberapa menu favorit pembeli adalah telur sosis keju (Rp20.000), jagung coklat keju (Rp8.000), dan pisang coklat keju (Rp4.000).

4. Babat Gongso Pak Karmin

Babat gongso adalah babat yang ditumis menggunakan jeroan lain seperti hati, paru, atau limpa. Seluruh jeroan tersebut diolah dengan bumbu kecap dan cabai rawit, sehingga menciptakan rasa yang sedap dan pedas. Ada cukup banyak penjual babat gongso yang bisa kamu temukan di Semarang.

Salah satu kelezatan babat gongso yang terkenal adalah babat Gongso Pak Karmin yang terletak di kawasan Jalan Aloon-Aloon Bar, tepatnya di seberang Gedung BRI. Tak hanya babat gongso, menu lain yang juga menjadi favorit di Warung Pak Karmin adalah nasi goreng babat. Kabarnya, Pak Karmin menggunakan bumbu racikan yang sama dengan racikan babat gongso. Kuliner ini sangat cocok untuk Anda yang suka makanan gurih.

Sumber: www.gramedia.com

Baca Juga: Oleh-oleh Khas Pati Paling Populer 2022

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image