Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Arif Hidayat

Tips Anak Anti Rewel di Hari Pertama Sekolah dari Gita Mechtilde

Eduaksi | Tuesday, 27 Dec 2022, 11:59 WIB
Doc : Gita Mechtilde

Bagi beberapa anak, hari pertama masuk sekolah sudah dinanti-nantikan dengan sangat gembira karena bisa bermain dan belajar dengan teman baru di lingkungan yang baru. Namun, di sisi lain ada juga anak yang justru takut dan rewel saat masuk sekolah sehingga menjadi tantangan baru bagi orangtua.

Biasanya anak rewel di hari pertama sekolah karena merasa asing dan takut dengan orang dan lingkungan baru. Apalagi jika hari pertama masuk sekolah terjadi setelah pandemi, Si Kecil jarang bertemu dengan orang baru dan jarang mendatangi tempat baru sehingga mereka kurang bersosialisasi.

Tentunya hal tersebut dapat menjadi kekhawatiran bagi Bunda untuk meninggalkan anaknya di sekolah. Ternyata cara itu dianggap kurang tepat, karena rasa khawatir Bunda bisa dirasakan oleh Si Kecil dan membuat Si Kecil enggan untuk ditinggal oleh Bunda.

Namun, sebenarnya hari pertama sekolah bisa dilewati dengan baik dan anti rewel, jika persiapan yang baik telah dilakukan oleh orangtua. Bukan hanya mempersiapkan perlengkapan sekolah, tetapi juga mempersiapkan mental anak, seperti cara yang dilakukan oleh Influencer Gita Mechtilde untuk mengantisipasi anak anti rewel di hari pertama sekolah.

1. Ajak Si Kecil Mengenali Tempatnya Sebelum Sekolah Dimulai

Sebulan sebelum sekolah dimulai, influencer Gita Mechtilde beberapa kali mengajak Gianna, anaknya yang berusia dua tahun untuk melakukan kunjungan ke sekolah beberapa kali untuk menyiapkan mentalnya. Hal tersebut membuat Gianna untuk belajar mengenal lingkungan barunya.

Saat melakukan kunjungan ke sekolah, influencer Gita Mechtilde juga sekaligus menceritakan situasi di sekolah. Ia menceritakan jika Gianna akan bertemu dengan banyak teman dan banyak mainan baru yang menyenangkan. Hal pertama tersebut yang dimanfaatkan influencer Gita Mechtilde untuk memperkenalkan situasi sekolah kepada Gianna sebelum hari pertama masuk sekolah tiba.

2. Persiapkan Perlengkapan Sekolah

Setelah mengajak Si Kecil menelusuri sekolah, Bunda bisa mempersiapkan perlengkapan sekolah yang lucu dan menggemaskan. Hal kedua inilah yang juga diterapkan oleh influencer Gita Mechtilde untuk hari pertama sekolah Gianna.

Ia mempersiapkan perlengkapan sekolah Gianna yang lucu-lucu dan memberitahunya jika perlengkapan sekolah ini yang nantinya akan dipakai Gianna untuk bersekolah. Maka, dengan mempersiapkan perlengkapan sekolah membuat Si Kecil semangat untuk menggunakannya di hari pertama sekolah.

3. Siapkan bekal favoritnya

Selanjutnya, siapkan bekal favoritnya. Bekal menjadi salah satu hal yang paling dinanti anak saat di sekolah. Oleh karena itu, influencer Gita Mechtilde mempersiapkan makanan dan minuman favorit Gianna agar ia lebih bersemangat di hari pertama sekolahnya. Tidak semata-mata hanya mempersiapkan bekal, Bunda juga perlu sesuaikan bekal dengan kebutuhan gizi anak. Pertimbangkan juga memilih menu yang disukai anak sehingga mereka menikmati makanannya.

4. Ciptakan suasana menyenangkan di perjalanan menuju sekolah

Terakhir, saat sudah saatnya hari pertama masuk sekolah, Influencer Gita Mechtilde mengupayakan Gianna berangkat sekolah dalam suasana hati gembira. Ia memutarkan lagu yang menyenangkan agar Gianna merasa senang dan bersemangat untuk berangkat sekolah.

Hal ini penting dilakukan untuk menjaga mental Si Kecil agar memiliki perasaan senang berangkat sekolah. Jika keadaan Si Kecil tidak senang, maka sikap berani dan percaya diri tidak akan timbul. Bahkan bisa jadi Si Kecil cenderung enggan berangkat sekolah.

Demikian cara antisipasi agar anak anti rewel di hari pertama sekolah dari influencer Gita Mechtilde yang bisa Bunda terapkan. Jangan lupa untuk mengapresiasi anak sepulang sekolah karena mereka sudah berhasil beradaptasi dengan lingkungan baru.

Apresiasi yang Bunda berikan akan membuat Si Kecil merasa aman dan nyaman, serta menikmati keistimewaan di hari pertama sekolah. Selain itu, tindakan ini dapat menjadi sebuah dukungan dan bentuk kasih sayang untuk Si Kecil pergi sekolah. Si Kecil akan merasa diperhatikan dan menumbuhkan semangat dalam belajar.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image