Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mukhamad Nur Cahyo

Makanan Khas Indonesia yang Mendunia

Kuliner | Monday, 26 Dec 2022, 14:47 WIB

Sudah menjadi rahasia umum bahwa makanan yang ada di Indonesia terkenal dengan kelezatannya. Makanan khas Indonesia tersebut bahkan sudah terkenal di dunia. Apa saja makanan khas Indonesia yang mendunia? Simak penjelasan di bawah ini!

1. Rendang

Siapa yang tidak tahu makanan khas dari Sumatera Barat yang satu ini. Irisan daging sapi yang dimasak dengan rempah khas padang yang gurih.

Ada dua proses pemasakan daging sapi yang kaya akan rempah ini. Untuk memasang rendang, dibutuhkan waktu minimal 4 jam untuk menjadikan daging rendang berwarna hitam pekat dan bumbu mengering seperti dedak.

2. Sate

Sate juga salah satu makanan yang mudah untuk dijumpai di Indonesia. Sate adalah kuliner khas Indonesia yang menggunakan daging ayam, sapi, kambing, kelinci, ataupun kerbau sebagai bahan bakunya.

Daging tersebut dipotong, direndam dengan bumbu marinasi lalu dibakar hingga matang. Setelah itu sate disajikan dengan beragam saus, mulai dari saus kacang ataupun saus kecap.

Uniknya, setiap pulau memiliki sate dengan versi yang berbeda- beda. Mulai dari Sate Padang dari Minangkabau, Sate Madura, Sate Tegal, Sate Klathak, Sate Lilit, Sate Ponorogo, Sate Ambal, dan Sate Buntal.

Yang membedakan dari masing-masing sate tersebut adalah cara pemilihan daging dan saus pelengkapnya. Sate sangat cocok disantap dengan nasi putih atau lontong, acar timun serta kerupuk.

Menggiurkan ya Grameds, tidak ada salahnya kamu mencoba membuat kreasi satemu sendiri. Grameds bisa mengintip “Aneka Resep Masakan Sate” di e-book dengan link berikut.

3. Nasi Goreng

Nasi goreng sendiri banyak versinya, ada nasi goreng kampung, nasi goreng ijo, nasi goreng jawa, nasi goreng teri, nasi goreng seafood, nasi goreng, nasi goreng sunda, nasi goreng mawut, dll.

Biasanya nasi goreng sering dihidangkan untuk sarapan atau kuliner di malam hari. Untuk Grameds yang sering berburu kuliner di malam hari, Grameds bisa mendapati nasi goreng gerobak yang harum baunya tak kuasa untuk ditolak. Tak salah jika nasi goreng menjadi kuliner yang juga dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia.

Sumber: gramedia.com

Baca Juga: Ekspedisi Surabaya Makassar, Ekspedisi Jakarta Makassar Sulawesi Selatan, Ekspedisi Surabaya Balikpapan, Jasa Pengiriman Barang Ekspedisi Surabaya Samarinda

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image