Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rozak Al-Maftuhin

Bingung Memilih Jurusan Kuliah? Berikut Tips Memilih Jurusan Kuliah

Eduaksi | Monday, 13 Dec 2021, 19:33 WIB

Bagi pelajar yang baru tamat sekolah dan berkeinginan melanjutkan ke jenjang selanjutnya, pasti tengah pusing memilih jurusan kuliah yang tepat untuk mereka. Banyaknya jumlah perguruan tinggi di Indonesia menyebabkan juga banyaknya jurusan kuliah, yang membuat pelajar bingung memilih mana yang cocok untuk mereka.

Nah, dilansir dari Informasi Guru, berikut ini merupakan beberapa tips memilih jurusan kuliah yang cocok dan sesuai untuk prospek masa depan kamu. Simak baik-baik, ya!

Pahami minat dan bakat

Tips pertama adalah ketahui minat dan bakat yang kamu miliki. Karena, hal ini akan membantu kamu dalam menentukan jurusan kuliah.

Pemahaman yang baik akan diri sendiri dapat membuatmu bertahan menghadapi tantangan yang ada di bangku kuliah. Jangan sampai kamu salah jurusan karena salah memilih jurusan dan hanya mengikuti keinginan orang tua.

Lakukan riset jurusan-jurusan kuliah yang dipilih

Sebelum memilih jurusan kuliah yang sesuai, kamu perlu melakukan riset sebanyak-banyaknya tentang jurusan kuliah yang menarik minatmu. Pelajari masing-masing bidang ilmunya, prospek alumni dan hal-hal lain yang penting untuk kamu ketahui.

Dengan melakukan riset ini, kamu akhirnya bisa menentukan mana jurusan kuliah yang sesuai dan tepat untuk kamu jalani selama 4 tahun perkuliahan.

Konsultasi dengan orang dekat berpengalaman

Tips memilih jurusan kuliah berikutnya ialah berkonsultasi dengan orang dekat yang sudah berpengalaman. Ajak mereka berdiskusi untuk mengurai benang kusut tentang pilihan jurusan yang kamu inginkan.

Mereka yang memiliki pengalaman dan kapasitas, akan memberikan sudut pandang dan pengetahuan baru sehingga kamu bisa berpikir lebih jernih.

Pahami keuntungan dan konsekuensi pilihan

Ketika memilih jurusan kuliah, kamu juga harus memahami keuntungan dan konsekuensi dari pilhanmu. Misalkan, jurusan kuliah A sesuai dengan bakat dan minat kamu, tetapi prospek kerjanya kurang menarik. Atau sebaliknya, ada jurusan kuliah C yang bidang ilmunya kurang menarik, namun kemampuanmu di sana cukup baik.

Sebaik apapun pilihan yang kamu ambil, akan tetap ada kekurangan dan kelebihannya. Jadi, kamu harus benar-benar tahu konsekuensi dari pilihan jurusan yang kamu ambil nantinya. Dan tak ketinggalan, kamu pun perlu menyesuaikan pilihan jurusan dengan gaya belajar yang dimiliki.

Demikianlah 4 tips memilih jurusan kuliah bagi kamu yang masih bingung ingin terjun ke jurusan kuliah yang mana. Satu hal yang harus kamu ingat, pahami konsekuensi dari apa yang telah kamu ambil nantinya. Semoga bermanfaat, ya!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image