Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Adib

Hadiri HUT Perak YPSA, Ini Pesan dan Harapan Gubsu Tentang Pendidikan

Eduaksi | Wednesday, 21 Dec 2022, 16:29 WIB
Pembina YPSA Sofyan Raz menyerahkan tanda penghargaan kepada Gubsu Edy Rahmayadi yang didampingi Ketua TP-PKK Sumut Ibu Nawal Lubis (Foto: Kurnia Syahputra/Humas YPSA)

Gubernur Sumatera Utara Letjen TNI (Purn.) H. Edy Rahmayadi menghadiri HUT ke-25 atau yang akrab disebut 'HUT Perak' Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) dengan tema 'Rising Intellectual and Civilized Muslim Generation' di Sadafa Ballroom Raz Plaza Jl. Dr. Mansur no. 186 Medan, (17/12/22).

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur'an dan do'a syukuran HUT YPSA oleh Ust. Latif Khan, S.Ag., dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Mars dan Hymne YPSA, penampilan siswa-siswi YPSA, lalu kata sambutan dari para tokoh termasuk Gubernur Sumut.

"Abang (Sofyan Raz) dan kakak (Rahmawaty) sukses mentransfer ilmu, menyiapkan satu tempat yang bisa membuat orang mempunyai ilmu, dan ilmu itu dimulai dari Rasulullah, ketika Rasulullah diberi wahyu pun disuruh untuk iqra', bacalah, bacalah dan bacalah", tutur Gubsu.

Terkait soal pendidikan, Gubsu juga menjelaskan bahwa Sumut saat ini memerlukan orang-orang cerdas seperti Pembina Muda YPSA Arisyi Fariza Raz, M.Sc., FRM, Ph.D. yang merupakan alumni University of Birmingham, Inggris.

"Saya tahu beliau (Arisyi) ketika saya datang kesini sebelum Covid, saya berharap anda di sini (Sumut), tapi saat ini anda sudah diambil oleh Universitas Indonesia (UI), Sumut ini butuh orang-orang kayak anda gitu, sudah terlalu banyak orang-orang kayak saya di sini. Kenapa saya berkata seperti itu? karena kebutuhan dasar rakyat disuatu negara adalah Pendidikan dan Kesehatan", tambah Mantan Pangkostrad berusia 61 tahun ini.

Dalam kesempatan tersebut beliau tak hanya sekedar memberikan sambutan, sekaligus menerima penghargaan bersama 5 tokoh lainnya yaitu Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan Laksamana Putra Siregar, S.H., M.S.P., Waka Polrestabes Medan AKBP Dr. Yudhi Hery Setiawan, S.I.K., M.Si., Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Sumatera Utara Dr. H. Maratua Simanjuntak, M.A., Konsul Jeneral Malaysia di Medan YM. Aiyub bin Omar, dan Wakil Dekan I Fakutas Kedokteran USU, Dr. dr. Delyuzar, M.Ked.(PA), Sp.PA(K) sebagai Tokoh Peduli Pendidikan YPSA. Dilanjutkan dengan launching buku Biografi ke-2 Pembina YPSA H. Sofyan Raz yang berjudul 'The Leadership of Raz'.

Gubsu memberikan pandangan sekaligus harapan tentang pendidikan di Sumut yang nyatanya masih jauh tertinggal, rata-rata masyarakat di Sumut hanya menempuh pendidikan hingga SMP.

"Penduduk kita saat ini 16 juta jiwa, jadi kalau dihitung rata-rata penduduk Sumut baru menempuh pendidikan 9,12 tahun, berarti rata-rata penduduk Sumut hanya tamatan SMP. Maka tolong didik anak-anak kita, kita baru 9,12, Jawa Barat itu sudah 13,6, Jakarta 12,9. Jadi kita jauh tertinggal dengan Jawa Barat dan Jakarta. Saya mohon dengan segala hormat, didiklah anak-anak kita, kalau tidak, berat kedepannya tugas kita. Nah beliau ini (Arisyi) punya ilmu, tapi juga harus punya nyali, ada kreativitas dan inovasi, untuk itu saya berharap orang-orang yang cerdas ini jangan terlalu banyak diletakkan di tempat ber-AC, agar dia tahu bagaimana cara mengurus berbagai macam hal, jadi kedepan nanti dia tahu benar Siddik, Amanah, Tabligh, dan Fathonah, ini yang perlu saya sampaikan", tandas Gubernur.

Selain Gubernur Sumut dan 5 tokoh penerima penghargaan, acara juga dihadiri Pembina YPSA Drs. H. Sofyan, Ak., M.M., Ketua Umum YPSA Hj. Rahmawaty, Pembina Muda YPSA Arisyi Fariza Raz, M.Sc., FRM, Ph.D., Sekretaris Daerah Provsu Ir. Arief Sudarto Trinugroho, M.T., Kepala Dinas Pendidikan Sumut Dr. H. Asren Nasution, M.A., Plt. Kepala Dinas Kominfo Sumut Ilyas Sitorus, S.E., M.Pd., perwakilan Pangdam I Bukit Barisan Kol. (Kav) Sudrajat Dirgahayu, perwakilan Dansat Brimob Poldasu, Anggota DPRD Sumut Fraksi Demokrat Ir. Hj. Anita Lubis, perwakilan Ketua Pengadilan Tinggi Medan Hakim Tinggi Zainal Abidin, S.H., M.H., perwakilan Konjen Singapura, Komisaris Utama PTPN 4 Ir. Dahlan Harahap, M.Si., Ketua MUI Kota Medan Dr. Hasan Matsum, M.Ag., Ketua Dewan Pertimbangan MUI Kota Medan Prof. Dr. Mohd. Hatta, M.A., Wakil Ketua Dewan Pertimbangan MUI Kota Medan sekaligus Ketua Majelis Dzikir Tadzkira Sumut Assoc. Prof. Dr. KH. Amiruddin, M.S., M.A., M.B.A., Ph.D., Anggota DPRD Kota Medan Fraksi Golkar M. Afri Rizki Lubis, S.M., M.I.P., Forkopimda dan para tamu undangan.

Acara ditutup dengan pemberian penghargaan kepada civitas YPSA termasuk guru, karyawan, orangtua, siswa serta diakhiri dengan foto bersama.

Sumber: channel youtube YPSA TV & Humas YPSA

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image