Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hanafi Alrayyan

Langkah Pelan untuk Memulai Pola Hidup Minimalisme

Gaya Hidup | Wednesday, 21 Dec 2022, 12:51 WIB

Pola hidup minimalisme merupakan gaya hidup yang menekankan pada penggunaan dan memiliki barang yang hanya seperlunya saja.

Dalam artikel sebelumnya, saya mencoba menemukan benang merah antara pola hidup minimalisme dalam pandangan Islam. Ternyata, pola hidup semacam ini sejalan dengan prinsip-prinsip dasar Islam.

Sumber gambar: Pixabay.com

Pola hidup semacam ini bisa menjadi alternatif yang menarik bagi mereka yang ingin mengurangi kebisingan dan kekacauan dalam hidup mereka, serta lebih fokus pada hal-hal yang benar-benar penting bagi mereka. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mempraktikkan pola hidup minimalisme:

1. Mulailah dengan mengidentifikasi barang-barang yang sebenarnya tidak Anda butuhkan atau jarang Anda gunakan. Ini bisa termasuk pakaian yang sudah lama tidak Anda pakai, peralatan yang tidak Anda gunakan, atau bahkan barang-barang yang Anda beli tapi tidak pernah Anda gunakan. Jual atau hadiahkan barang-barang ini kepada orang lain yang mungkin lebih membutuhkannya.

2. Berpikirlah dengan hati-hati sebelum membeli sesuatu yang baru. Pertimbangkan apakah Anda benar-benar membutuhkan barang tersebut atau hanya tergoda oleh tawaran harga yang menarik. Jika Anda memutuskan untuk membeli sesuatu, carilah barang yang berkualitas tinggi dan dapat bertahan lama, sehingga Anda tidak perlu repot-repot membelinya lagi di kemudian hari.

3. Atur ruangan Anda dengan rapi dan sederhana. Pilih perabotan yang minimalis dan hindari mengisi ruangan dengan barang-barang yang tidak perlu. Ini akan membuat ruangan Anda terlihat lebih luas dan nyaman, serta memudahkan Anda untuk membersihkan dan merawatnya.

4. Fokuskan pada aktivitas yang benar-benar penting bagi Anda. Jangan terlalu banyak terpaku pada kegiatan yang tidak memberikan manfaat jangka panjang bagi Anda. Prioritaskan aktivitas yang membuat Anda merasa bahagia dan sejahtera, seperti bersantai dengan keluarga atau teman, melakukan olahraga, atau belajar sesuatu yang baru.

5. Bersikap terbuka terhadap perubahan. Jangan takut untuk mengambil risiko dan mencoba hal-hal yang baru, seperti pindah ke tempat tinggal yang lebih kecil atau mencari pekerjaan yang lebih sesuai dengan minat Anda.

Sulit memang untuk memulai, tapi kalau sudah dimulai, ternyata bisa.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image