Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image humas unismuh

Unismuh Makassar Gelar Pelatihan untuk Sertifikasi Laboran

Info Terkini | Tuesday, 20 Dec 2022, 12:00 WIB

MAKASSAR – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar Menggelar pelatihan tenaga Laboran dalam rangka persiapan ujian tes sertifikasi Laboran, di ruang Aula Mini. Kegiatan digelar di Gedung Iqra lantai 8, Jl Sultan Alauddin, Selasa, 20 Desember 2022.

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yakni Selasa – Rabu, 20 – 21 Desember 2022. Pelatihan tersebut dibimbing oleh Founder LabMania Learning Centre Ivan Sarifuddin.

Labmania merupakan lembaga training di Indonesia yang bertujuan untuk menerapkan sistem manajemen Laboratorium.

Pelatihan tersebut diikuti 32 peserta yang merupakan pengelola laboratoriaum tiap Fakultas di Unismuh Makassar.

Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan proses untuk mendapatkan sertifikasi.

“Menjadi laboran yang baik itu harus dilatih, dan kegiatan ini merupakan proses untuk mendapatkan sertifikasi laboran,” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan kepada peserta untuk memanfaatkan fasilitas yang ada. “Jangan disia-siakan kesempatan ini, manfaatkan peralatan laboratorium sebaik-baiknya,” tukasnya.

Sementara itu, Founder LabMania Ivan mengungkapkan kesiapannya untuk mengarahkan dan membimbing peserta pelatihan. “Saya bisa membantu untuk dapat mememnuhi syarat-syarat sertifikasi, kita akan menarget dan melakukan latihan yang baik, mudah-mudahan selama dua hari ini peserta siap mengikuti kegiatan tersebut hingga selesai,” paparnya.

Kepala Bagian Sumber Daya Manusia (SDM) dan Kepegawaian Muhammad Rusdi MM mengatakan proses kegiatan ini. “Peserta yang di utus setiap fakultas adalah orang-orang yang benar mencintai pekerjaannya sehingga bekerja dengan baik. Pekerjaan laboran tidak sama dengan pekerjaan yang lain dikarenakan langsung berhadapan dengan peralatan zat kimia,” ucapnya saat ditemui di lantai 8 Gedung Iqra.

Ivan juga mengatakan, pelatihan laboran ini merupakan tahap awal untuk mengetahui bagaimana dan apa yang harus di lakukan serta bagaimana tanggung jawabnya. Juga dalam kegiatan ini terdapat asesmen atau ujian yang akan dihadapi peserta untuk lanjut ke tahap sertifikasi Laboran.

Ia juga berharap agar peserta dapat menjadi orang yang bermanfaat bagi sekitarnya. “Semoga peserta kita betul-betul bisa bekerja di laboratorium, setelah selesai bisa memberikan pelayanan laboran ke seluruh stakeholder yang membutuhkan,sehingga saat masuk ke labolatorium bisa mendapatkan hasil,” imbuhnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Rektor I Unismuh Makassar Dr Abd Rakhim Nanda, Sekretaris Badan Perencanaan dan Pengawasan dan IT Unismuh Makassar Dr Rahmi MSi, serta para peserta pelatihan laboran.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image