Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image dika parja

Manfaat Family Gathering yang Wajib Dipahami Perusahaan

Wisata | Monday, 19 Dec 2022, 17:24 WIB
Family Gathering di Bandung

Dalam menjalani kehidupan atau kesibukan sehari-hari di perusahaan, tentu dibutuhkan kegiatan family gathering karena bermanfaat untuk menyegarkan atau me-refresh setiap karyawan perusahaan Anda.

Kegiatan family gathering sering kali dilakukan oleh banyak perusahaan dengan cara mengumpulkan pegawainya melalui berbagai program yang digelar. Misalnya dengan menyelenggarakan family gathering, outbound, atau kegiatan wisata tour.

Kegiatan family gathering sendiri merupakan kegiatan yang ditujukan bagi kalangan karyawan dan keluarganya yang ada dalam suatu perushaaan, lembaga, institusi atau organisasi.

Alasan mengapa mengadakan family gathering, karena tak dapat dipungkiri bahwa terkadang di dalam sebuah perusahaan terjadi konflik internal, yang biasanya terjadi ketika kondisi perusahaan sedang dalam tak baik baik saja. Konflik internal ini bisa terjadi karena ketidakharmonisan antarkaryawan dalam satu tim atau antar divisi.

Apa itu Family Gathering?

Secara umum, family gathering dapat dipahami sebagai sebuah kegiatan yang diselenggarakan oleh sebuah perusahaan dengan tujuan untuk mempererat sekaligus menjalin hubungan antarkaryawan dengan karyawan lain dengan melibatkan keluarga mereka. Sebab biasanya, family gathering perusahaa ikut menghadirkan anggota keluarga karyawan seperti anak dan istri.

Ada banyak kegiatan yang diadakan dalam family gathering. Di antarany adalah outbound, live music, low impact outbound, karaoke, organ tunggal, tour trip, atau kegiatan seru lainnya. Kegiatan family gathering yang dilakukan di luar ruang itulah yang akan dikemas sedemikian rupa agar tercipta suasana kekeluargaan yang baik.

Selain perusahaan, kalangan keluarga besar ataupun komunitas tertentu juga sering mengadakan family gathering. Selain di luar ruangan, jika memang kondisi tidak memungkinkan maka bisa dilaksanakan di dalam ruangan dengan kemasan yang seasyik mungkin.

Manfaat Family Gathering

Family gathering yang biasanya dilaksanakan di luar kota memiliki tujuan dan beberapa manfaat yang akan didapatkan oleh peserta kegiatan, antara lain, pertama ialah mempererat hubungan antarkaryawan.

Mengapa ini penting, karena hubungan antar karyawan sering kali tidak akur, baik hubungan antar divisi maupun antar tim inti itu sendiri. Hubungan yang tidak akur tersebut dapat ditunjukkan dengan adanya pengelompokan karyawan dalam sebuah tim internal atau adanya keegoisan dan individualisme dalam sebuah tim. Konflik seperti ini jika terus berlangsung akan berdampak buruk pada kinerja tim.

Dalam hal ini, family gathering sangat dibutuhkan untuk mempererat hubungan antara karyawan satu dengan yang lainnya baik dalam satu tim maupun antara divisi satu dengan divisi yang lainnya.

Family Gathering untuk Refreshing

Kegiatan family gathering juga biasanya diisi dengan berbagai macam permainan seru dan menyenangkan. Ini akan menghilangkan rasa penat karyawan terhadap beban kerja yang setiap harinya mereka hadapi.

Dengan adanya kegiatan family gathering, pikiran mereka akan menjadi fresh kembali dan stres pun hilang karena ada hiburan yang tepat untuk mereka.

Kita harus ingat, pikiran yang segar dan suasana hati yang bahagia dapat menimbulkan semangat dalam bekerja kembali esok harinya. Pekerjaan yang diawali dengan semangat akan menghasilkan kinerja yang maksimal.

Hal itulah yang menjadi alasan mengapa penting mengadakan family gathering oleh sebuah perusahaan, selain berdampak baik bagi pikiran para karyawan juga berdampak pada kinerja perusahaan nantinya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar
 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image