Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Afiattuzzahra

Tidak Punya Skill Tapi Ingin Menjadi Freelancer? Siapa Takut!

Info Terkini | Sunday, 18 Dec 2022, 11:55 WIB
Illustrasi pekerja freelance (foto: Pixabay)

Siapa yang tidak asing dengan kata freelance atau pekerja lepas? Profesi satu ini memang sangat menguntungkan dalam kehidupan. Selain berpeluang dalam menghasilkan uang dari internet, pekerjaan ini juga dapat dikerjakan dengan lokasi dan waktu yang fleksibel.

Dalam memilih suatu pekerjaan dalam dunia freelance, anda harus menyesuaikan dengan pengalaman yang dikuasai, penting juga untuk anda memiliki skill yang mumpuni dalam mengambil pekerjaan sebagai freelancer. Alih-alih kita bisa bekerja dengan lokasi dan waktu yang fleksibel, bekerja sebagai freelancer dengan tidak adanya skill justru dapat menimbulkan kewalahan dalam bekerja.

Apa sih freelance itu?

Para pekerja lepas (freelancer) atau tenaga lepas dapat disebut juga dengan istilah on-demand worker atau pekerja yang mau bekerja dan dapat dibutuhkan kapan saja (Silitonga,2018). Pekerja lepas adalah orang yang bekerja tanpa hubungan kerja tetap dengan klien atau pemberi kerja. Kontrak kerja freelance biasanya hanya mencakup proyek pekerjaan, biaya dan jam kerja. Orang yang melakukan pekerjaan tenaga lepas (freelance) disebut sebagai freelancer. Anda bisa bekerja dimana saja dan kapan saja baik di rumah, coffee shop atau tempat lainnya tanpa harus datang ke kantor, berpakaian formal, masuk jam 7 pulang jam 4, dan lain-lain. Seorang freelancer adalah bos untuk dirinya sendiri. dia harus bisa mengendalikan waktu, perlawanan, dan lain-lain. karena meskipun dirinya bebas, namun ada deadline kerja untuk klien yang harus dipenuhi tepat waktu.

Apakah Memiliki Skill Sangat Bermanfaat Bagi Freelance?

Skill sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Dalam Sebuah jurnal karya ilmiah jenis penelitian, tips mengembangkan skill yang perlu anda ketahui adalah aktif mengikuti organisasi, interaksi dengan banyak orang, menanggapi feedback dari orang lain, dan bangun kepercayaan diri yang tinggi (Asmuni, 2016). Berdasarkan kutipan tersebut, seharusnya skill perlu dilatih sedari dini karena mempermudah dalam mendapatkan pekerjaan, membuka peluang karir, dan membuat kita mudah beradaptasi pada perkembangan zaman. Berikut ini adalah penjelasan mengenai tips mengembangkan skill yang perlu kamu ketahui:

1. Aktif Mengikuti Organisasi.

Dengan aktif mengikuti organisasi, anda dapat melatih jiwa kepemimpinan. Karena saat kalian mengikuti organisasi, anda akan menghadapi pelatihan dan pengalaman dalam memimpin maupun dipimpin.

Tidak hanya itu saja, kalian juga dapat mempelajari manajemen waktu. Karena ketika anda mengikuti organisasi, kalian harus terbiasa dengan banyak acara yang dilakukan dengan waktu yang bersamaan. Hal inilah yang dapat membentuk kepribadian yang bisa menentukan skala prioritas.

2. Interaksi Dengan Banyak Orang.

Berinteraksi dengan banyak orang dapat meningkatkan koneksi dan juga meningkatkan kepercayaan diri dalam berbicara dengan banyak orang. Hal ini sangat penting untuk dimiliki, karena public speaking merupakan salah satu skill yang sangat dibutuhkan dalam pekerjaan. Walaupun freelance sering kali dilakukan dengan online, namun hal ini akan berguna sekali ketika kalian akan berkomunikasi dengan klien.

3. Menanggapi Feedback Dari Orang lain.

Ketika anda telah merasa skill yang anda coba mulai terlihat adanya progres, kalian harus menanggapi feedback dari orang lain. Karena hal ini dapat membantu anda dalam menentukan apakah anda berhasil atau tidak dalam mempelajari skill tersebut.

4. Bangun Kepercayaan Diri Yang Tinggi.

Kepercayaan diri sangatlah penting, karena jika seseorang percaya dengan kemampuannya sendiri, akan lebih mudah untuk melakukan sesuatu hal baru dengan mudah. Orang yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi bukanlah orang yang hanya merasa mampu, namun orang yang sudah mengetahui bahwa dirinya mampu berdasarkan pengalaman yang ia punya.

Sudah tidak ada lagi alasan jika anda ingin mencoba pekerjaan sebagai freelancer namun terhambat dalam skill, jadi berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu teman-teman dalam meningkatkan skill.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image