Peran Materi KD 3.9 Dan 4.9 Mata Pelajaran Ekonomi Dalam Menumbuhkan Minat Berorganisasi Siswa
Eduaksi | 2022-12-14 19:20:17Pada undang undang sistem pendidikan nasional nomor 20 tahun 2003, dijelaskan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Dalam hal ini, maka pendidikan memiliki peran yang sangat penting guna menjadi manusia yang bermanfaat bagi dirinya, masyarakat, bangsa dan negara (pusdiklat.perpusnas.go.id). Dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, diperlukan adanya tenaga pendidik guna menunjang proses belajar yang efektif, dalam hal ini adalah guru. Menurut Sardiman (1992) peran guru dalam proses belajar adalah sebagai informator, organisator, motivator, fasilitator, inisiator, mediator dan evaluator. Sehingga dalam hal ini, guru memiliki peranan yang besar kepada peserta didik terhadap kemampuan siswa. (akucepatmembaca.com).
Sekolah SMA biasanya terdapat beragam organisasi yang mewadahi siswa untuk berkembang baik secara intelektual dan keterampilan. Di sekolah tersedia berbagai macam organisasi, salah satunya adalah OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) yang merupakan jembatan bagi siswa dalam menyalurkan minat dan bakatnya dalam kehidupan berkelompok sehingga mencapai tujuan yang diinginkan, dalam organisasi OSIS tersebut. dalam menjalankan seluruh programnya, maka siswa memerlukan kecakapan dalam berorganisasi. Berbagai organisasi ini menjadikan siswa memiliki kecakapan dalam mengadakan berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh sekolah. Baik itu secara manajemen organisasi, manajemen waktu dan sikap kedisiplinan. Dengan siswa mengikuti organisasi, maka siswa mendapatkan sumber daya yang di dukung penuh oleh SMA tersebut.
Dalam menjalankan sebuah organisasi di sekolah, siswa tidak hanya memperoleh ilmu dari seniornya ataupun dari pembekalan-pembekalan yang diadakan, namun dalam mata pelajaran ekonomi pada kelas X juga diajarkan terkait dengan manajemen. Mata pelajaran ekonomi memuat berbagai materi-materi yang disajikan oleh kurikulum. Diantaranya adalah materi pada KD 3.9. Mendeskripsikan konsep manajemen. dan 4.9. Mengimplementasikan fungsi manajemen dalam kegiatan sekolah. Pada materi ini, siswa diharapkan dapat mengimplementasikan materi yang sudah disampaikan oleh guru pada organisasi OSIS di SMA karena dalam materi manajemen tersebut, siswa dibekali pengetahuan yang merujuk pada kecakapan organisasi.
REFERENSI
Abadi, H. 2019. https://hot.liputan6.com/read/3930900/fungsi-organisasi-pengertian-dan-tujuannya-yang-harus-kamu-ketahui diakses pada 12 Sep 2022
Kurniawati, E. (2014). MANAJEMEN KESISWAANDI SMA NEGERI MOJOAGUNG JOMBANG. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 4(4).
https://pusdiklat.perpusnas.go.id/regulasi/download/6 diakses pada 13 Sep. 22
https://akucepatmembaca.com/peran-guru-dalam-proses-pembelajaran-guru-sebagai-pendidik-dan-pengajar/ diakses pada 13 Sep. 22
Disclaimer
Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.