Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dui Puspita Sari

Pemanfaatan Media Digital Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini

Pendidikan dan Literasi | Saturday, 10 Dec 2022, 10:14 WIB

Pada zaman modern seperti sekarang, pendidikan merupakan salah satu kebutuhan manusia dalam kehidupan. karena pendidikan akan membentuk karakter, jati diri dan pola pikir kita. Pembentukan karakter ialah dimana moralitas, kebenaran, kebaikan, kekuatan, dan sikap seseorang yang ditunjukkan kepada orang lain melalui Tindakan baik atau buruknya karakter tergambar dalam moralitas yang dimiliki. Karakter dapat dimaknai sebagai nilai dasar yang membangun pribadi seseorang, Terbentuk baik karena pengaruh hereditas maupun pengaruh lingkungan, yang membedakannya dengan orang lain, serta diwujudkan dalam sikap dan perilakunya dalam kehidupan sehari-hari.

Perlu disadari bahwa pentingnya pendidikan dimulai sejak anak usia dini, karena merupakan saat yang tepat dimana anak memasuki tahapan pertumbuhan dan perkembangan dimana otak dan fisik mengalami pertumbuhan maksimal atau disebut dengan Golden Age. Peran orang tua sangat penting dimana mengenalkan pendidikan pada anak, salah satu nya ialah Pendidikan Agama Islam. Anak harus ditanamkan nilai dasar-dasar Agama Islam sejak dini agar anak dapat membiasakan diri bagaimana berperilaku yang benar dan memiliki akhlak yang baik. Metode orang tua dan pendidik dalam hal menyampaikan atau mengenalkan Pendidikan Agama Islam ini kepada anak harus diperhatikan agar anak tidak merasa bosan.

Di era globalisasi sekarang ini kemajuan teknologi tidak bisa dipungkiri lagi, contohnya ialah media digital yang dimana dapat mempermudah orang tua atau pendidik dalam hal mengajarkan Pendidikan Agama Islam. Penggunaan media untuk pembelajaran Agama Islam bisa dibilang efektif atau inovasi baru dalam hal belajar. Namun guru atau orang tua harus lebih memerhatikan jenis dan karakteristik dari masing-masing media agar sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anak. Ada banyak media pembelajaran digital yang mengenalkan tentang Agama Islam, contoh media pembelajaran yang bisa dilakukan dirumah, seperti Youtube dimana anak dapat memahami suatu materi secara lebih cepat dari pada mempelajari dari buku. Karena biasanya media pembelajaran melalui youtube dibuat semenarik mungkin, seperti ada animasi di dalamnya sehingga anak tidak akan merasa cepat bosan. Hal ini disebut dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar anak.

Lalu ada penggunaan media film kartun anak, dimana dalam film kartu ini terdapat suatu pembelajaran tentang Agama Islam. Contohnya ialah animasi Nussa Rara yang dimana menceritakan tentang keseharian anak-anak dan segala permasalahannya, banyak nilai agama yang dapat di ambil dari animasi ini. Seperti membiasakan doa sebelum makan dan tidur, menyayangi segala mahkluk ciptaan Tuhan dan berbuat baik sesama umat muslim, dimana segala kegiatan dalam film ini dapat ditiru oleh anak dan menjadikannya kebiasaan baik.

Tak dirumah saja, pemanfaatan media digital pun bisa dilakukan disekolah, dimana pembelajaran yang terdapat dalam media bisa dipraktikan secara langsung di sekolah. Dalam hal ini guru harus lebih kreatif dalam memanfaatkan media digital tersebut. Tahap pendidikan dasar dalam suatu pengajaran memerlukan kecerdasan yang dapat membantu guru dalam menarik minat anak didik terhadap pelajarannya dengan berbagai media yang cocok.

Contoh media yang ada ialah media audio, dimana pendidik bisa memutar ayat Al-Qur`an sebagai metode anak dalam mengenal surah-surah Al-Qur`an. Dengan seiring berjalannya waktu, anak akan terbiasa belajar menggunakan media digital ini. Dalam mengakses media digital ini bisa bisa digunakan menggunakan laptop ataupun handphone pada anak, namun orang tua atau pendidik harus pandai mengatur waktu anak dalam menggunakan gadget tersebut agar anak tidak berlebihan menggunakannya, atau istilah yang kita dengar kecanduan gadget.

Peran Pendidikan Agama Islam sangatlah penting bagi anak karena sebagai media dalam memahami, mengenalkan, dan mengimani ajaran-ajaran agama. Dengan menggunakan media digital ini dapat mempermudah anak dalam memahami ajaran agama. Selain menggunakan media digital orang tua pun harus bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari agar anak dapat meniru hal itu. Orang tua bisa membantu anak bagimana cara melakukan wudhu dan solat yang baik dan benar dengan menggunakan media digital seperti contoh tadi yaitu youtube.

Orang tua bisa mengajarkan kepada anak untuk melakukan segala perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya, lalu menanamkan keyakinan dan keimanan yang kuat, serta memberitahu tentang adab atau perilaku baik yang dapat membentuk karakter atau akhlak yang mulia bagi anak. Dan masih banyak lagi metode yang bisa diajarkan orang tua kepada anak tentang pendidikan agama, orang tua bisa sekreatif mungkin dalam hal ini agar menyenangkan dan anak tidak merasa bosan. Dengan terwujudnya pembelajaran ini akan menanamkan perasaan cinta dan taat kepada Allah.

Ada pepatah yang mengatakan “Belajar di waktu kecil bagai mengukir di atas batu, belajar diwaktu besar bagai mengukir diatas air”. Makna dari pepatah ini ialah jika pembelajaran pendidikan yang diberikan sejak usia dini maka akan lebih mudah dicerna atau diingat seperti halnya mengukir sesuatu di atas batu yang akan memberikan bekas goresan yang akan bertahan lama, sedangkan belajar diwaktu sudah dewasa seperti mengukir diatas air yang dimana akan sulit dicerna karena orang dewasa identic dengan banyak memiliki beban fikiran atau masalah kehidupan lainnya sehingga tidak mudah fokus dalam hal belajar. Karena itulah pendidikan agama yang diberikan sejak usia dini sangat berharga dan berpengaruh untuk kehidupan dewasanya kelak.

Jadi sangat disayangkan jika ada orang tua yang tidak menanamkan Pendidikan Agama Islam ini kepada anaknya sejak dini. Banyak alasan yang menyebabkan orang tua menyepelekan hal ini seperti tidak adanya waktu atau sibuk jadi tidak sempat mengajarkan anak tentang hal ini, dengan ini dibutuhkannya kerja sama antar orang tua dan guru yang mendidik anak di sekolah. Karenanya ajaran agama berpengaruh dalam menjadikan seorang anak menjadi pribadi yang mempunyai akhlak baik, bermoral, dan bertaqwa kepada Allah SWT.

Media digital merupakan sebuah sarana yang dapat membantu menunjang segala aspek apapun contohnya aspek Pendidikan Agama Islam. Peran orang tua maupun guru sangat penting karena dapat menarik minat dan motivasi anak usia dini. Pemanfaatan media digitalpun dapat menjadi salah satu alternatif dalam menyampaikan proses pembelajaran kepada anak.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image