Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ari Lintang laksono

Jumlah wisatawan dunia ke Qatar selama piala Dunia (halal tourisme fasilitas dan larangan)

Wisata | Thursday, 08 Dec 2022, 05:57 WIB

Seperti yang kita tahu di penghujung tahun 2022,sedang berlangsung perhelatan 4 tahunan yaitu kompetisi piala Dunia yang di selenggarakan di wilayah timur Tengah, tepatnya Qatar. Pada perhelatan ini pemerintah Qatar mengucurkan dana yang sangat fantastis dalam pembangunan fasilitas objek pariwisata dan penginapan. Seperti halnya yang kita tahu perhelatan piala Dunia 2022 bertepatan pada saat musim libur akhir tahun yang dimana orang-orang berbondong-bondong untuk mencari destinasi tempat berlibur. Tak terkecuali dengan menyaksikan langsung piala Dunia 2022 di Qatar.

Pariwisata halal(halal tourism) menurut Dr. Asad Mahsin dalam penelitian nya menyebutkan "saat ini, pariwisata halal dan layanan perhotelan di maskapai penerbangan, hotel, layanan makanan, adalah produk baru yang berkembang pesat terkait dengan segmen pariwisata halal. " (Mohsin dkk., 2016,hal.2) pelayanan tersebut dapat terpenuhi oleh setiap negara baik muslim sebagai mayoritas maupun sebagai minoritas.

Pemahaman yang tepat akan halal tourism ini akan membawa kita pada perspektif ke bermanfaatan yang lebih luas bukan sekedar pemenuhan syarat penyelenggaraan pariwisata halal berdasarkan prinsip syariah, namun melampaui itu kualitas (termasuk profesionalitas dan kebersihan) menjadi aspek penting dalam pengembangan wisata halal.

Pemerintah Qatar menyadari hal ini, berbagai upaya hingga menggelontorkan dana yang tidak sedikit dilakukan guna menyambut para wisatawan yang datang untuk menyaksikan pertandingan sepak bola 4 tahunan ini. Pemberlakuan beberapa peraturan yang boleh atau tidak boleh dimana dalam islam dikenal dengan istilah halal dan haram. Contohnya seperti membuat mural dan poster berisikan hadits Rasulullah hingga membuat stadion yang bernuansa Islami dengan adanya panggilan adzan diwaktu sholat serta fasilitas beribadah yang mudah ditemukan.

Jika salah satu penggemar yang berkesempatan menyaksikan pertandingan Piala Dunia secara langsung di Qatar. Anda harus memperhatikan beberapa hal. Anda pasti mendengar pepatah orang tua yang mengatakan bahwa dimana kaki dipijak disitu langit dijunjung.

Dalam perhelatan ini pemerintah Qatar dan FIFA melakukan beberapa kebijakan sebagai yang kita tahu bahwa Qatar menjadi negara mayoritas muslim.

Berikut adalah kebijakan yang ada di Qatar:

1.pembatasan pembelian alkhohol (tidak tersedia selama pertandingan berlangsung)

2.alkohol baru bisa di akses setelah pukul 18.30 dizona penggemar dan sebelum atau sesudah pertandingan di delapan titik stadion (dilarang keras minum di tempat umum dan keramaian).

3.Dilarang berpakaian yang terlalu terbuka (harus berpakaian sopan)

4.Membawa obat obatan terlarang

5.Dilarang keras berciuman, cabul dan semacamnya

6.Dilaranh berjabat tangan dengan wanita Qatar (karena dianggap tidak sopan)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image