Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Medium Info

Ikuti Wisuda Full-Luring, Inilah Pelbagai Wejangan Nasihat bagi Wisudawan UM Metro Tahun 2022

Pendidikan dan Literasi | Wednesday, 30 Nov 2022, 18:57 WIB

Universitas Muhammadiyah Metro sukses menyelenggarakan Sidang Terbuka Senat Universitas Muhammadiyah Metro, Wisuda Magister ke-11, Sarjana ke-41 dan Ahli Madya Tahun 2022 di pelataran Kampus 1 UM Metro pada Rabu (30/11/2022).

Rektor UM Metro, Drs. H. Jazim Ahmad, M. Pd. mengukuhkan sebanyak 903 wisudawan pada tahun 2022 yang terdiri dari 6 prodi Program Magister, 7 Fakultas dan 18 prodi Program Sarjana, 4 prodi Program Diploma.

Rektor menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran tamu undangan dalam acara yang rutin digelar tiap tahun.

“Terima kasih kepada para tamu undangan, Alhamdulillah wisuda tahun ini bisa sepenuhnya dilaksanakan secara luring dalam keadaan hari yang cerah”, ucapnya.

Hadir sebagai tamu undangan, Walikota Metro, dr. H. Wahdi Siradjuddin, S.Pog (K). M.H. beri materi singkat kepada para wisudawan agar dapat bersaing di era industri 4.0 yang kini kian menuju 5.0.

“10 faktor sukses bagi Generasi Emas Metro Cemerlang yakni jujur, disiplin, good interpersonal skill, dukungan dari pasangan hidup, bekerja keras daripada yang lain, mencitai apa yang dikerjakan, kepemimpinan yang baik dan kuat, semangat dan berkepribadian yang kompetitif, pengelolaan kehidupan yang baik, kemampuan menjual gagasan dan produktif,” tegasnya.

Selain hal tersebut, beliau mengingatkan kepada para wisudawan agar tidak mudah terlena dengan gelar yang sudah diraih karena bisa saja kesuksesan yang diraih menjadi tidak berguna.

“Ada 9 faktor penghambat kesuksesan yaitu takabur, berbuat kerusakan/ fasad, ingkar janji, berkhianat, kikir/ bahil, berlebihan/ hedonism, suka mencela, seudzon, iri,” ujarnya.

Kepala Lembaga Layanan Dikti Wilayah II Prof. Dr. Ishak Iskandar, M. Sc. yang pada kesempatan ini hadir tak lupa menyampaikan pesan kepada wisudawan agar tidak sombong.

“Manusia yang paling mulia adalah manusia yang paling baik akhlaknya, kombinasikan kompetensi akademik kalian dengan karakter mulia,” pesannya.

Tak lupa, Wakil Koordinator Kopertais Wilayah XV, Dr. Safari, M. Sos.I turut memberikan wejangan bagi wisudawan agar tidak takut setelah berhasil meraih gelar magister, sarjana dan ahli madya.

“Dalam Islam tidak ada istilah pengangguran, karena setiap masa ada orangnya, setiap orang ada masanya. Kalian ini adalah generasi yang akan menggantikan orang tua kita dan orang-orang hebat lainnya,” tegasnya.

Terakhir Wakil Ketua Majelsi Diktilitbang PP Muhammadiyah Prof. Dr. H. M. Noor Rochman Hadjam, S. U. Psikolog. menyampaikan harapan kepada seluruh wisudawan agar tidak cepat puas dengan gelar yang diraih dan terus melanjutkan studinya.

“Harapan saya agar kalian selalu meningkatkan ilmu, memang tidak harus dalam pendidikan yang formal, namun alangkah lebih baik jika bisa melalui pendidikan formal apalagi kampus Muhammadiyah sudah tersebar luas,” tukasnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image