Mengapa Seorang Muslim Harus Mempelajari Bahasa Arab?

Image
FADILLAH SARI 2021
Agama | Saturday, 11 Dec 2021, 10:08 WIB
Ilustrasi bahasa Arab, sumber pixabay

Bahasa Arab merupakan bahasa resmi di 25 negara, Seperti Qatar, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Oman, dan lain sebagainya. Bahasa Arab juga dianggap sebagai salah satu bahasa paling sulit didunia utuk dipelajari, karena aturan tata bahasanya hampir matematis dan bahasa Arab yang diucapkan sepenuhnya berbeda dari bahasa tertulis. Namun hal ini tidak menghilangkan kewajiban kita untuk mempelajari bahasa Arab.

Imam Syafi’I berkata, “Manusia tidak menjadi bodoh dan selalu berselisih kecuali lantaran mereka mempelajari bahasa Arab, dan lebih mengutamakan konsep Aristoteles.”

Sebagai seorang Muslim sudah seharusnya kita memahami dan mempelajari bahasa Arab, karena dengan mempelajari bahasa Arab tidak hanya menambah kemampuan berbahasa asing, tetapi juga menambah pemahaman tentang berbagai hal dalam kehidupan. Berikut ini adalah Alasan seorang Muslim harus mempelajari bahasa Arab:

Bahasa Arab merupakan bahasa Alquran

إِنَّا أَنزلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

“Sesungguhnya kami menurunkannya berupa Al Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahamaminya.” (QS. Yusuf:2)

Ayat ini sudah cukup kuat untuk menjadi alasan mengapa kita harus mempelajari bahasa Arab. Karena dengan bahasa Arab kita dapat memehami agama kita dengan pemahaman yang baik dan benar, sebab Al Quran dan Hadits menggunakan bahasa Arab. Maka dengan mempelajari bahasa Arab akan mempermudah kita untuk menghafalkan, memahami, mengajarkan serta mengamalkan isi Al Quran dan Hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Keistimewaan bahasa Arab sebagai bahasa Alquran telah banyak disebutkan didalam Al Quran, salah satunya pada Surat Az-Zumara: 27-28 yang Artinya: “Sesungguhnya telah kami buatkan bagi manusia dalam Alquran ini setiap macam perumpamaaan supaya mereka dapat pelajaran. (Ialah) Alquran dalam bahasa Arab yang tidak ada kebengkokan (di dalamnya) supaya mereka bertakwa.”

Bahasa Arab merupakan bahasa yang paling mulia

Bahasa Arab merupakan bahasa yang paling mulia, Karena Alquran adalah kitab yang paling mulia, diturunkan dengan bahasa yang paling mulia, diajarkan pada Rasul yang paling mulia, disampaikan oleh malaikat yang paling mulia, diturunkan di tempat yang paling mulia di muka bumi, diturunkan pula di bulan yang mulia yaitu bulan Ramadhan.

Bahasa Arab juga merupakan bahasa yang Allah Subhanahu Wa Ta’aala jaga sampai hari akhir, ketika semua Bahasa mengalami perubahan seiring perkembangan zaman disebabkan adanya perubahan kata, dan munculnya kosakata-kosakata baru, namun dalam bahasa Arab tidak mengalami perubahan dari zaman jahilayah hingga saat ini, oleh sebab itu kita tidak pernah mendengan adanya revisi Al Quran.

Bahasa Arab merupakan bahasa yang kayak akan kosakata

Di antara hal yang membuktikan bahwa bahasa Arab adalah bahasa yang sangat kaya akan kosakata yaitu bahasa Arab memiliki lebih dua belas juta tiga ratus lima ribu empat ratus dua belas (12.305.412) bentuk kalimat. Bahasa Arab juga memiliki kurang lebih enam juta enam ratus sembilan puluh sembilan ribu empat ratus (6.699.400) buah kata.

لأن لغة العرب أفصح اللغات وأبينها وأوسعها، وأكثرها تأدية للمعاني التي تقوم بالنفوس

“Karena bahasa Arab adalah bahasa yang paling fasih, paling jelas, paling luas (kosakatanya), dan paling banyak mengandung makna yang menentramkan jiwa.”

Bukti lain yang menunjukkan betapa kaya dan luasnya bahasa Arab yaitu ditemukannya puluhan bahkan ratusan Nama dalam bahasa Arab untuk satu benda atau seekor binatang tertentu.

Mempermudah dalam mempelajari Alquran

Belajar bahasa Arab adalah salah satu cara untuk mempermudah dalam mempelajari, menghafalkan, mengamalkan, dan memahami isi Alquran. Dengan mempelajari bahasa Arab juga akan memudahkan kita dalam memahami hadits-hadist Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, menghafalkan menjelaskan serta mengamalkannya.

Mempermudah dalam menggali ilmu dari ulama

Dengan memahami bahasa Arab mempermudah kita untuk menggali dan mendapatkan ilmu dari para ulama secara langsung atau melalui membaca karya-karya ulama yang sudah banyak tersebar saat ini, sedangkan orang yang belum memahi bahasa Arab hanya mengandalkan kitab terjemahan yang sifatnya terbatas.

Mempermudah dalam memahami islam

Memahami bahasa Arab juga dapat mempermudah kita dalam memahami islam, apalagi jika kita seorang dai atau ustadz tentu lebih urgen lagi dalam mempelajari bahasa Arab dan kaedah-kaedah dalam ilmu nahwu, hal tersebut akan semakin mempermudah kita dalam memahami islam serta mempermudah memberikan pemahaman agama yang benar pada orang lain.

Semoga Allah selalu mempermudah kita dalam memahami dan mempelajari bahasa Arab, agar kita dapat memahami Al Quran dan Hadits Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam.

Semangatlah dalam mempelajari hal yang baru.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Kalapas Batang Ikuti Kursus Orientasi Sedang Pramuka

Image

Tingkatkan Kedisiplinan CPNS Lapas Brebes Melaksanakan Apel Malam

Image

Etika Jurnalistik: Pelanggaran Privasi

Image

Plt Kalapas Purwokerto Hadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pejabat Administrasi dan Fungsional

Image

Meningkatkan Kualitas Kinerja, Karutan Purworejo Menerima Pengarahan Kakanwil Kemenkumham Jateng

Image

Kanjuruhan 1 Oktober 2022 Tragedi Paling Kelam

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image