Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Adhyatnika Geusan Ulun

Market Day di SDN Sariwangi Tumbuhkan Jiwa Wirausaha

Eduaksi | Wednesday, 30 Nov 2022, 07:46 WIB
Suasana Market Day di SDN Sariwangi Bandung Barat. (dok.ribadi).

Oleh: Lina Susanti, S.Pd
(Guru SDN Sariwangi Bandung Barat)

Banyak kegiatan yang telah dilaksanakan oleh SDN Sariwangi untuk mendukung proses pembelajaran dan penguatan karakter siswa, di antaranya adalah kegiatan Market Day yang dilaksanakan oleh siswakelas 6. Kegiatan tersebut sering dilaksanakan, namun sempat terhenti karena pandemi Covid-19.

Sebanyak 112 siswa, dengan dukungan semua warga sekolah, ikut terlibat dalam program yang bertujuan untuk melatih jiwa kewirausahaan dan penguatan pendidikan karakter. Kegiatan tersebut, mengintegrasikan semua muatan pelajaran yang melatih mereka dalam proses ekonomi, seperti produksi, distribusi, dan konsumsi, Selasa (29/11/22).

 

Sebenarnya kegiatan di atas dapat dilaksanakan secara perorangan, maupun kelompok. Namun, di sekolah kami kegiatan ini dilakukan secara berkelompok dengan tujuan penguatan karakter siswa dalam hal melatih kerja sama dan kedisplinan.

Kegiatan Market Day merupakan proyek kelas 6 yang telah direncanakan sejak dua minggu yang lalu. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok. Mereka diminta bekerja sama untuk merencanakan membuat produk (produksi), kemudian bagaimana menjual produknya (distribusi), dan mereka juga berperan untuk membeli produk temannya (konsumsi). Setelah semua perencanaan siap, mereka melakukan uji coba produk, membuat poster, embalase produk dan membuat iklan yang menarik untuk produk yang dibuat.

Suasana transaksi penjualan di Market Day. (dok.pribadi)

Market Day merupakan puncak proyek kewirausahaan. Siswa diminta untuk menawarkan dan menjual produk kepada konsumen, sekaligus menjadi konsumen yang membeli produk teman-temannya. Mereka belajar melayani pembeli dengan displin, mandiri, ramah, jujur, teliti , percaya diri dan bekerja sama dengan kelompoknya masing-masing-masing.

Di program tersebut, sejak pagi hari siswa sudah menyiapkan segalanya. Mulai dari merapikan meja kursi, hingga menata produk yang siap untuk dijual. Setelah acara selesai, kami melakukan evaluasi terhadap kegiatan ini dan membuat laporan sederhana.

Akhirnya, Market Day berjalan lancer, produk-produk telah habis terjual. Pembelajaran hari ini sangat menyenangkan,. Para siswa telah belajar kewirausahaan yang merupakan bagian dari literasi finansial. Selain itu, melatih penguatan karakter siswa yang akan menjadi bekal pengalaman dan pengetahuan berharga dalam kehidupan sekarang dan masa mendatang. ***

Profil Penulis:

Lina Susanti, S.Pd., biasa di panggil Bu Lina, guru kelas 6 SDN.Sariwangi dan pembina ekstra kulikuler literasi SDN.Sariwangi di Kec. Parongpong Kab. Bandung Barat. Menulis diawali dengan tulisan di blog gurusianer, Lina Susanti dan blog Catatan Ena, enasusanti.blogspot.com. Menulis beberapa antologi dan buku latihan siswa PPKn kelas 4,5 dan 6. Penulis dapat dijumpai di media sosial FB Lina Susanti, Instagram ena_linasusanti dan email [email protected]

Pewarta/Editor: Adhyatnika Geusan Ulun-Newsroom Tim Peliput Berita Pendidikan Bandung Barat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar
 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image