Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Abdulloh Abdulloh

Pelatihan menulis di era digital

Pendidikan dan Literasi | Sunday, 27 Nov 2022, 19:14 WIB
Sabtu, 27 November 2022 Program ekonomi syariah FAI Universitas Pamulang ( Unpam) mengadakan pelatihan menulis Reportase di Era Digital untuk pemula. Kegiatan ini di laksanakan secara sederhana pada hari Sabtu tanggal 27 November 2022 yang bertempat di ruangan ka prodi ekonomi syariah ( eksyar) FAI UNPAM lt 5 kampus unpam Victor, kegiatan ini di hadiri oleh mahasiswa pilihan dan segenap dosen eksyar unpam.Kegiatan pelatihan menulis ini untuk memupuk bakat minat tulis menulis kepada mahasiswa dan dosen eksyar dan kiat kiat menulis berita secara singkat jelas dan tepat. Kegiatan pelatihan ini mendatangkan narasumber yg berkompeten di dalam tulis menulis yaitu Deni Hermawan,M.Pd yang merupakan penulis Buku, jurnal dan dosen Universitas Pamulang dan juga seorang da'i.

Dalam menulis berita harus memperhatikan 5W+1 H. Serta hal hal yang penting saja, hal hal yg sifatnya tidak penting dan yg sifatnya pelangkap tidak usah di tulis .Dalam penulisan reportase juga harus memperhatikan konten yg telah di paparkan oleh narasumber dan kesesuaian konten sehingga materi yg di berikan oleh Narasumber tidak ngarang ngarang dan tepat apa yg telah di jelaskan oleh Narsum.. Ujar Deni Hermawan.

Kegiatan ini di juga d hadiri oleh ka prodi ekonomi syariah Unpam Ibu Dr mukhoyaroh yang menjelaskan dunia tulis menulis sangat penting bagi kalangan akademisi dan mahasiswa sebagai syarat akhir perkuliahan dan kenaikan jabatan akademik dosen (JAD) serta fungsional dosen. Di harapkan teman teman peserta pelatihan ini bisa mengaplikasikan ilmu yg di dapatkan sehingga menjadi amal jariyah Hasanah, walaupun orangnya sudah tidak ada tapi karyanya ilmunya tetap ada. Ujar KA prodi Eksyar.

Pelatihan ini di harapkan teman teman dosen dapat mempertajam ilmu penulisan ilmiah dan mampu memiliki dan menerbitkan buku buku atau artikel di Media online Nasional sebagai tambahan persyaratan JAD. Sebagai persyaratan kenaikan pangkat dosen salah satunya adalah penerbitan jurnal Sinta, pengabdian dan penelitian. Oleh karena itu seorang dosen harus memiliki jiwa dan minat bakat untuk tulis menulis sehingga akan terwujud tridarma perguruan tinggi baik yang akan memberikan manfaat besar kepada masyarakat, agama pemerintah dan negara.

Kegiatan ini merupakan bagian dari beberapa kegiatan yg di selenggarakan oleh prodi ekonomi syariah unpam yang berkaitan dengan literasi dan reportase sebelumnya prodi mengadakan kegiatan pelatihan pembuatan video dan fotografi yang di bimbing langsung oleh pakarnya yaitu Kamil falahi yang juga dosen unpam dan da'i.

Di zaman era serba digital ini mahasiswa dan dosen harus dan mampu beradaptasi menyesuaikan diri dan mengupdate keilmuan dan pengetahuan tentang digitalisasi yang selalu berkembang. antara reportase dan video merupakan yang saling berkaitan untuk mendukung pembelajaran di zaman di era digital serba terkoneksi dengan internet lebih lebih angkatan sekarang merupakan angkatan generasi Z yang serba instan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image