Crowde Menggandeng Universitas Untuk Mengatasi Krisis Regenerasi Pada Bidang Pertanian

Image
muhamad ahwas
Edukasi | Friday, 25 Nov 2022, 11:32 WIB
Source Image : Freepik
Source Image : Freepik

Indonesia merupakan salah satu Negara yang memiliki kelebihan sumber daya alam yang melimpah, terutama dalam bidang pertanian. Maka dari itu, pertanian merupakan salah satu faktor penting untuk mengatasi pertumbuhan populasi di Indonesia. Seperti dalam hal pangan serta juga lapangan pekerjaan. Namun, sayangnya pertanian di Indonesia masih mempunyai beberapa masalah yang bisa menghambat kemajuan pertanian di Negara yang mempunyai sumber daya melimpah ini.

Salah satu masalah pada pertanian di Indonesia yaitu tenaga kerja, petani di Indonesia masih didominasi oleh generasi tua yang rata-rata berusia di atas 50 tahun. Setelah para generasi muda yang kurang mempunyai minat untuk bergabung atau bekerja sebagai petani maka lahan pertanian juga semakin terkikis, sehingga saat ini banyak proses pertanian yang menggunakan teknologi untuk mengolah lahan.

Sebagai lahan pertanian terbesar di dunia, Indonesia dengan sumber daya alam yang bermacam-macam. Faktor penyebab turunnya minat generasi muda untuk bekerja di sektor pertanian dikarenakan beberapa hal, seperti sektor pertanian yang dianggap kurang bergengsi dan kurang bisa memberikan imbalan memadai.

Maka dari itu, kami mencoba untuk menggandeng beberapa Universitas di Indonesia demi adanya regenerasi pada bidang pertanian. Tentu Indonesia perlu mempunyai regenerasi petani dari generasi millenial yang mempunyai kesempatan dan keberanian dalam industri pertanian dan teknologi. Dengan adanya kolaborasi ini maka akan memberikan peluang untuk mencoba agriculture industry untuk terus berkembang dan menopang kehidupan Indonesia ke depannya.

Dengan kemampuan yang dimiliki oleh para generasi milenial, sistem pertanian dapat dikembangkan menjadi sebuah sarana pertanian yang modern atau berteknologi, karena pada dasarnya perubahan dapat diciptakan dengan adanya angin segar dari para milenial.

Tentunya adanya kerja sama dengan pihak Universitas mempunyai tujuan yang sama, yaitu untuk menciptakan inovasi baru dalam bidang pertanian, khususnya dalam penerapan teknologi tepat guna. Bagaimanapun, kerjasama ini pada akhirnya tercipta demi meregenerasi sumber daya manusia di bidang pertanian. Selain itu, kerjasama ini juga menjadi upaya untuk meningkatkan SDM dan kualitas produk hasil UMKM yang dikelola oleh masyarakat sekitar.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Cyberbullying Pengaruhi Kesenjangan Sosial Masyarakat

Image

IMM Insan Kamil UMP Resmikan Pojok Baca

Image

21 Tahun Berikhtiar, YBM BRILiaN Kembali Raih Penghargaan Indonesia Fundraising Award 2022

Image

Azyumardi Azra Dianugerahi Life Achievement Filantropi dalam Indonesia Fundraising Award 2022

Image

Daftar Pemenang Indonesia Fundraising Award 2022

Image

Proses Afiksasi (Imbuhan Prefiks) Pada Cerpen Mei Tak Pernah Bisa Menulis Karya Ahda Imran

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image