Rekomendasi Buku:Novel Kim Ji-yeong Lahir Tahun 1982

Image
Maya Anzelika Nainggolan
Sastra | Tuesday, 22 Nov 2022, 16:07 WIB
Novel Kim Ji-yeong Karya Cho Nam-Joo (sumber: milik pribadi)

Novel Kim Ji-yeong merupakan salah satu karya dari Cho Nam-Joo, yang memiliki rating tinggi dan menjadi topik terkini di kalangan dewasa dan remaja. Novel ini diterbitkan oleh PT. Gramedia Jakarta pada tahun 2019. Novel Kim Ji-yeong Lahir Tahun 1982 adalah novel dari Korea Selatan yang ramai dibicarakan diseluruh penjuru. Novel ini, menceritakan kisah kehidupan seorang wanita muda yang terlahir diakhir abad ke-20, membangkitkan pertanyaan-pertanyaan tentang praktik misoginis dan penindasan institusional yang relavan bagi kita semua.

Bermula dengan anak perempuan bernama Kim Ji-yeong yang terlahir dalam keluarga yang mengharapkan anak laki-laki, menjadi bulan-bulanan para guru pria di sekolah, dan yang disalahkan ayahnya ketika ia diganggu anak laki-laki dalam perjalanan pulang dari sekolah di malam hari.

Kim Ji-yeong adalah seorang mahasiswi yang tidak pernah direkomendasikan dosen untuk pekerjaan magang diperusahaan ternama, karyawan teladan yang tidak pernah mendapat promosi, dan istri yang melepaskan karier serta kebebasan nya demi mengasuh anak. Akan tetapi, Kim Ji-yeong adalah sosok manusia yang memiliki jati diri nya sendiri dan bagian dari perempuan diseluruh dunia.

'Novel Kim Ji-Yeong, Lahir Tahun 1982' ini salah satu rekomendasi dari beberapa novel lain nya. Buku ini akan memberikan pandangan baru, bahwa mungkin perempuan di Korea Selatan ataupun di Indonesia, memiliki beberapa persamaan.

Melalui novel ini, wawasan pengetahuan kita akan terbuka lebih luas tentang betapa besarnya perjuangan yang harus dilakukan seorang perempuan sejak kecil hingga dewasa untuk bisa mendapatkan hidup yang di impikan. Stereotipe tentang kaum perempuan yang dianggap "tidak bisa lebih baik" daripada kaum pria masih jamak dimasyarakat. Di Korea Selatan, mungkin bagi kita tampak gemerlap memiliki permasalahan yang sepertinya masih terus ada hingga sekarang tentang kesetaraan gender.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mahasiswi Universitas Pamulang

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Islamofobia dan Wanita-Wanita Muslim

Image

Lapas Narkotika Purwokerto Jalin Kerjasama dengan Kantor Pos Indonesia Cabang Purwokerto

Image

Trash-Talk dalam Dunia Game Online

Image

Kaum Feminisme dalam Cengkraman Patriarki

Image

MAdinah Iman Wisata Serahkan Donasi Bantu Korban Gempa Cianjur

Image

Menebak-nebak Rambut Putih Pak Jokowi, Menggiring atau Memancing?

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image