Berpikir Ulang tentang Makna Sukses

Image
Hery Wibowo
Gaya Hidup | Tuesday, 22 Nov 2022, 05:41 WIB

Mendalami Kesuksesan dari Perspektif Kewirausahaan.

Satu hal yang menarik, adalah bahwa setiap orang ingin meraih kesuksesan. Namun demikian, bagaimanakah kesuksesan itu sebenarnya? Apa arti dan makna kesuksesan sebenarnya? Maka tulisan ini akan mencoba mengkaji makna kesuksesan dalam perspektif kewirausahaan. Berikut sejumlah pemahaman yang dirangkum dari buku kewirausahaan sosial dan pembangunan sosial karya Hery Wibowo (2018)

Kewirausahaan, adalah hal terbangun dari dua aspek besar yaitu pola pikir dan pola tindak. Kesuksesan kewirausahaan, dengan demikian adalah keberhasilan yang melibatkan kedua hal tersebut. Pola pikir kewirausahaan identik dengan kegigihan, keberanian untuk mengambil resiko, rasa urgenitas yang tinggi untuk selalu berkreasi, daya inovasi yang tinggi dan lain-lain. Ini adalah 'rasa'. Ini adalah 'jiwa' yang menemani dan membentuk cara kita berpikir dan menanggapi respon.

Pola pikir kewirausahaan akan membentuk jiwa yang tanggap terhadap tantangan, melihat masalah sebagai peluang, melihat kompetisi sebagai ajang peningkatan diri. Pola pikir kewirausahaan adalah panggilan hati untuk selalu bertindak dan berpikir jernih menyikapi berbagai tantangan kehidupan. Ini adalah jiwa yang tidak bisa diam. Ini adalah dorongan untuk selalu berpikir, "apa lagi ya","apa yang bisa saya lakukan agar hidup saya lebih baik lagi","apa yang bisa saya kerjakan untuk lebih bermanfaat bagi orang lain?" dan sebagainya. Oleh karena itu, bagi penulis, seseorang sudah dapat disebut sukses jika sudah memiliki jiwa seperti ini. Jiwa yang tidak mudah menyalahkan keadaan atas kebelumtercapaian target-targetnya. Jiwa yang tidak mudah membenci orang lain yang sudah lebih maju.

Aspek kedua adalah pola tindakan. Pola tindakan spontan namun terukur, gesit namun teliti adalah ciri action pattern of entrepreneurship. Ini adalah serangkaian gerakan sistematis yang mampu membesarkan usaha, memandirikan jiwa pribadi dan sekaligus bermanfaat bagi orang lain. Intuisi untuk menghasilkan sesuatu yang baik baik, telah secara otomatis inheren dan prilaku sehari-hari. Perhitungan yang cermat, serta keberanian bertindak dalam kabut ketidakpastian adalah karakter selanjutnya, yang menunjukkan apakah seseorang sudah memiliki pola tindak kewirausahaan atau belum.

Maka kesuksesan kewirausahaan tidak hanya diukur dengan uang. Tidak ada nilainya, uang jika hasil dari berbuat curang, atau menyakiti pihak lain. Tidak ada maknanya profit besar jika membohongi pelanggan dan menyengsarakan orang banyak. Sukses kewirausahaan adalah padanan integritas antara kata dan perbuatan, antara nilai/norma dan prilaku. Ini adalah keseimbangan langkah, dan kejernihan pikiran.

Sukses kewirausahaan adalah lompatan dari kebelumberhasilan yang satu ke kebelumberhasilan lainnya tanpa kehilangan antusiasme. Sukses kewirausahaan adalah kegigihan untuk terus berjalan ketika yang lain sudah berhenti.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Islamofobia dan Wanita-Wanita Muslim

Image

Lapas Narkotika Purwokerto Jalin Kerjasama dengan Kantor Pos Indonesia Cabang Purwokerto

Image

Trash-Talk dalam Dunia Game Online

Image

Kaum Feminisme dalam Cengkraman Patriarki

Image

MAdinah Iman Wisata Serahkan Donasi Bantu Korban Gempa Cianjur

Image

Menebak-nebak Rambut Putih Pak Jokowi, Menggiring atau Memancing?

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image